2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Apakah yang disebut kelainan atau abnormal

Apakah yang disebut kelainan atau abnormal?

Ada beberapa pandangan yang muncul jika kita bicara mengenai apa yang disebut normal atau tidak normal, beberapa di antaranya akan dibahas di bawah ini:

  1. Model Med is(Medical Model)

Para ahli yang menggunakan pendekatan ini mengasumsikan bahwa kelainan psikologis- seperti juga penyakit fisik – hidup dan menetap di dalam diri anak dan merupakan hasil dari proses-proses fisiologis atau intrapsikis. Namun pendekatan ini kurang mendapatkan tanggapan yang positif dari para ahli, karena para ahli beranggapan bahwa kelainan pada anak atau patologi yang dimaksud lebih merupakan masalah yang muncul atau berkembang dalam kehidupan. Bahkan beberapa masalah dikatakan patologis berdasarkan penilaian sosial, bukan berdasarkan hasil objektif dari tes medis.

  1. Penyimpangan dari Rata-rata {Abnormality as Deviation From the Average)

Istilah “abnormal” secara harfiah berarti “terpisah atau berbeda dari yang normal”, model ini mencoba melihat bahwa perilaku atau perasaan yang berbeda dari rata-rata adalah sesuatu yang abnormal. Metode ini mendefinisikan kelainan atau abnormalitas dengan menggunakan model statistik   sebagai   rujukannya.

  1. Penyimpangan dari yang Ideal (Abnormality as Deviation from the Ideal)

Salah satu pilihan dari model statistik untuk menentukan abnormalitas adalah penyimpangan dari yang ideal. Pendekatan ini tidak melihat abnormalitas sebagai seberapa menyimpang dari rata-rata atau seberapa sehat seseorang, namun mencoba menentukan kepribadian ideal yang sehat dan menentukan bahwa penyimpangan dari hal-hal ideal yang telah ditentukan inilah yang disebut sebagai abnormal. Masalah utama dari konsep alternatif ini adalah bagaimana merumuskan kepribadian ideal yang sehat.

sumber :