2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /    Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

 Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

  1. Definisi

Badan Usaha Milik Swasta atau BUMS adalah badan usaha yang didirikan dan dimodali oleh seseorang atau sekelompok orang. Berdasarkan UUD 1945 pasal 33, bidang- bidang usaha yang diberikan kepada pihak swasta adalah mengelola sumber daya ekonomi yang bersifat tidak vital dan strategis atau yang tidak menguasai hajat hidup orang banyak.

  1. Tujuan

BUMS bertujuan untuk mencari keuntungan seoptimal mungkin, untuk mengembangkan usaha dan modalnya serta membuka lapangan pekerjaan. Selain berperan dalam menyediakan barang, jasa, badan usaha swasta juga membantu pemerintah dalam usaha mengurangi pengangguran serta memberi kontribusi dalam pemasukan dana berupa pajak.

  1. Bentuk BUMS

   Perusahaan Perseorangan

Definisi Perusahaan Perseorangan adalah perusahaan swasta yang didirikan dan dimiliki oleh pengusaha perorangan. Pendirian perusahaan perseorangan tidak memerlukan perjanjian karena hanya didirikan oleh satu orang saja. Perusahaan perseorangan dapat dibagi menjadi dua, yaitu: 1) Usaha perseorangan berizin 2) Usaha Perseorangan tidak berizin. Usaha perseorangan berizin adalah perusahaan yang memiliki izin operasional dari departemen teknis. Usaha Perorangan yang tidak memiliki izin ini misalnya pedagang kaki lima, toko barang kelontong dll.

sumber :

https://dogetek.co/seva-mobil-bekas/