Budiana: Masyarakat Indonesia “Sakit”

Budiana Masyarakat Indonesia Sakit

Budiana: Masyarakat Indonesia “Sakit”

Budiana Masyarakat Indonesia Sakit
Budiana Masyarakat Indonesia Sakit

Maraknya ujaran kebencian di media sosial saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi Perguruan Tinggi (PT)

di seluruh Indonesia. Khususnya, jurusan komunikasi dengan berbagai macam teori komunikasinya.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pasundan (Fisip Unpas), Budiana mengatakan, saat ini masyarakat Indonesia sedang “sakit”. Maksudnya sakit di sini masyarakat Indonesia mudah melakukan ujaran kebencian melalui medsos.

“Salah satu ekspresi sakitanya masyarakat hari ini adalah dengan mudah masyarakat Indonesia

disebahagian masyarakat tertentu melakukan ujaran-ujaran kebencian menggunakan jalur media sosial,” kata Budiana usai menghadiri Seminar Nasional Fisip Unpas di El-Royale Hotel, Jalan Merdeka No. 2, Bandung, Kamis (8/3).

Menurutnya, ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah ditengah persoalan menjangkitnya penyakit masyarakat melalui media sosial. Hal itu jelas, Pemerintah harus terus berbuat menyembuhkan penyakit tersebut.

Tetapi, kata Budiana, Pemerintah tak bisa berbuat sendiri. Mereka harus mengajak masyarakat madani lainnya

, salah satunya PT.

“Mengapa PT? karena yang memiliki khususnya jurusan komunikasi, teori-teori komunikasi, sumber dan lahirnya dari jurusan ilmu komunikasi yang ada di PT di Indonesia,” jelas Budiana.

Dia menambahkan, merebaknya ujaran kebencian menjadi tantangan juga bagi guru besar maupun dosen di PT. Tentunya tugas mereka jelas guna menekan penyakit masyarakat tersebut.

“Ini tantangannya juga bagi dosen-dosen di jurusan atau prodi ilmu komunikasi untuk sedemikain rupa bisa memikirkan langkah jitu apa di saat ini, untuk meminimalisir persoalan-persoalan ujaran-ujaran kebohongan, kebencian melalui dunia maya ini,” pungkas Budiana

 

Sumber :

https://jeffmatsuda.com/sejarah-radiologi/