Cara Budidaya Ikan Black Ghost Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Black Ghost Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Black Ghost Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Black Ghost Untuk Pemula
Cara Budidaya Ikan Black Ghost Untuk Pemula

Bagaimana caranya membudidayakan ikan black ghost? Ikan black ghost (Apterontus albifrons) yaitu ikan air tawar yang berasal dari sungai Amazon. Julukan setan hitam disematkan alasannya yaitu ikan ini mempunyai warna hitam legam dan sirip perut yang bergerak mirip jubah. Black ghost merupakan binatang nokturnal serta kurang menyukai warna-warni yang cerah.

Ikan black ghost memang tampak lucu sekali. Perangainya juga ramah terhadap ikan-ikan lainnya. Para penghobi biasanya memelihara ikan ini bersama dengan ikan mas koki jenis black moor dan ikan jenis russianensis. Disarankan untuk memasukkan beberapa kayu yang berwarna gelap ke dalam akuarium sebagai daerah persembunyian supaya ikan ini tidak mengalami stres. Anda ingin membudidayakan ikan black ghost sendiri? Panduan berikut mungkin mampu membantu Anda dalam memulai usaha!

Persyaratan Air

Faktor terpenting yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan black ghost ialah kualitas air yang digunakan. Air yang dimasukkan ke dalam akuarium pemeliharaan harus sesuai dengan kehidupan ikan ini. Sebab pemakaian air yang kurang ideal akan menjadikan pertumbuhan ikan setan hitam melambat hingga berujung pada kematian. Parameter yang harus diperhatikan antara lain suhu air 26-27 derajat celsius, tingkat keasaman 6-7, dan tingkat kekerasan 6-10 derajat dH.

Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah air yang Anda pakai sudah layak bagi perkembangan ikan atau belum yaitu uji coba terhadap beberapa ikan. Masukkan 2-3 ekor ikan black ghost ke dalam akuarium, lalu perhatikan tingkah lakunya. Jika ikan-ikan tersebut eksklusif bergerak ke dasar akuarium dan bersembunyi di sela-sela kayu artinya kualitas air sudah bagus. Sedangkan jikalau ikan cenderung berada di permukaan air dan tampak berusaha mengambil oksigen dari udara berarti air tersebut tidak layak dipakai untuk ikan black ghost.

Pemilihan Indukan

ikan cupang aduan – Ikan black ghost akan mengalami kematangan secara gonad setelah usianya lebih dari 1 tahun dan panjangnya lebih kurang 20-30 cm. Ikan black ghost jantan memiliki postur badan yang lebih besar, lurus, panjang, dan ramping. Gerakannya juga lebih lincah daripada si betina. Sedangkan ikan black ghost betina memiliki badan yang berukuran lebih kecil, tidak lurus, pendek, dan bentuknya gemuk.

Persiapan Kolam Pemijahan

Proses pemijahan dapat dilakukan di dalam akuarium yang berukuran 80 x 60 x 40 cm. Siapkan 2 buah akuarium masing-masing untuk ikan jantan dan ikan betina. Sebelum dipakai, akuarium harus dijemur terlebih dahulu selama 2-3 hari supaya higienis. Isilah kedua akuarium tersebut dengan air setinggi 30 cm. Kemudian pasang 2 buah alat aerator di akuarium tadi.

Indukan ikan black ghost jantan dan betina untuk sementara waktu ditempatkan di akuarium yang terpisah. Masing-masing akuarium ini mampu diisi dengan 10 indukan sekaligus. Selama masa karantina, ikan diberikan pakan berupa cacing darah dan jentik nyamuk. Lakukan penggantian air dengan volume 1/3 dari total isi akuarium setiap 3 hari sekali.

Pemijahan Sepasang Indukan

Ikan black ghost sebaiknya dipijahkan secara berpasang-pasangan. Gunakan akuarium khusus pemijahan yang telah dilengkapi dengan 4 buah alat aerator. Lalu masukkan 6 buah pecahan paralon berdiameter 6 inci sepanjang 30 cm sebagai daerah persembunyian ikan. Dalam setiap kali masa pemijahan, Anda mampu memasukkan 3 ikan jantan dan 4 betina supaya potensi karenanya lebih tinggi.

Sebagai daerah peletakan telur, Anda mampu menambahkan lempengan pakis panjang yang berukuran panjang 20 cm dan lebar 10 cm sebanyak 3 buah. Lempengan-lempengan ini ditaruh di atas 2 paralon sehingga membentuk sebuah daerah persembunyian di antaranya. Untuk menahan posisi lempengan, Anda mampu menindihnya dengan kerikil.

Proses pemijahan ikan biasanya akan berlangsung pada malam hari. Telur-telur yang sudah dibuahi secara otomatis akan menempel di lempengan pakis tadi. Telur yang jadi biasanya berwarna kuning cerah dan diselimuti oleh lendir. Sebaliknya, telur ikan black ghost yang tidak terbuahi berkelir keputih-putihan.

Pemeliharaan Burayak

Proses penetasan telur ikan black ghost sebaiknya dilaksanakan di akuarium khusus penetasan. Lempengan pakis yang telah ditempeli telur diambil dari akuarium pemijahan pada pagi hari, lalu segera dimasukkan kembali ke akuarium penetasan telur. Semua telur tersebut umumnya akan menetas dalam waktu kurang dari 3 hari.

Burayak ikan black ghost yang gres menetas akan berwarna putih transparan. Selama 3-4 hari semenjak burayak menetas, Anda tidak boleh memberinya pakan terlebih dahulu alasannya yaitu mereka masih mempunyai cadangan makanan. Barulah pada hari ke-4, burayak tadi dapat diberi makanan naupli artemia selama 10-14 hari. Setelah ikan black ghost berumur lebih dari 2 minggu, Anda mampu memberinya pakan berupa jentik nyamuk atau cacing darah yang dicincang halus hingga lembut.