2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Cara Kerja Nodus Limfa
Cara Kerja Nodus Limfa

Cara Kerja Nodus Limfa

Cara Kerja Nodus Limfa

Sistem kerja pada nodus limfa berhubungan dengan sistem kerja pembuluh limfa, pembulih limfa lemak diasbsorpsi di usus halus dan diangkut ke darah serta cairan pada jaringan yang berlebih akan dikembalikan ke sistem peredaran darah pada manusia.


Sistem Kerja nodus limfa dengan mencegah tubuh terserang virus, bakteri dan jamur. Apabila nodus limfa yang ada dalam tubuh dekat dengan sumber infeksi, maka akan menimbulkan rasa sakit dan radang. Hal ini karena sel putih pada nodus limfa sedang menghancurkan bakteri agar tidak berada dalam tubuh. Selain itu sel darah putih membantu dalam sistem pertahanan tubuh.


Letak Nodus Limfa

Nodus-nodus limfa berlokasi diseluruh tubuh. Beberapa ada langsung dibawah kulit dimana yang lain-lain berada dalam didalam tubuh. Bahkan nodus-nodus limfa yang paling superficial (dekat pada kulit) adalah biasanya tidak terlihat atau gamblang (dirasakan dengan menyentuh), kecuali mereka membengkak atau membesar untuk beberapa sebab-sebab.


Nodus-nodus limfa dihubungkan satu sama lainnya oleh pembuluh-pembuluh limfatik yang terikat secara lepas. Nodus-nodus limfa biasanya bergabung pada daerah-daerah yang berbeda didalam tubuh dimana mereka bertanggung jawab untuk penyaringan darah dan melaksanakan fungsi imunologi mereka untuk area tertentu itu dari tubuh. Cairan dari pembuluh-pembuluh limfatik akhirnya masuk kedalam sistim vena (vena-vena) dalam tubuh.

Pengertian Nodus Limfa

Nodus Limfa adalah salah satu komponen sistem limfatik yang berbentuk seperti kacang kecil dan tersebar secara luas di seluruh tubuh. Nodus limfa yang satu dengan yang lain dihubungkan oleh struktur yang disebut pembuluh limfa. Nodus limfa berukuran 1-2 cm, manusia biasanya memiliki 500-600 nodus limfa, fungsi utama nodus limfa ialah untuk melawan infeksi.


Sumber: https://www.cyberpost.co.id/2020/04/24/magisto-video-editor-apk/