Cara Membersihkan Tempurung Kura-kura Yang Benar

Cara Membersihkan Tempurung Kura-kura Yang Benar

Cara Membersihkan Tempurung Kura-kura Yang Benar

Cara Membersihkan Tempurung Kura-kura Yang Benar
Cara Membersihkan Tempurung Kura-kura Yang Benar

Bagaimana cara yang benar untuk membersihkan tempurung kura-kura? Bagi para penghobi kura-kura mirip Anda pasti sudah paham kalau adegan tempurung kura-kura sering banget ditumbuhi lumut. Namun bahwasanya itu bukan lumut lho, melainkan ganggang atau algae. Ganggang tersebut biasanya berjenis ganggang rambut/beard algae yang ibarat bulu sikat berwarna hijau tua.

 

Ganggang tumbuh dan berkembang biak melalui spora. Itulah kenapa ganggang ini mampu hidup di mana saja. Tidak hanya di tempurung kura-kura, tetapi juga cangkang kelomang dan siput. Ganggang cenderung senang hidup di permukaan yang bertekstur garang dan bersifat toleran terhadap aneka macam kondisi.

 

Jika tidak dibersihkan dengan tuntas, ganggang mampu menjadi wabah di kolam. Sayangnya pertumbuhan ganggang ini terbilang susah dikendalikan. Meskipun bak sudah dikeringkan dan dicucihamakan tetap saja cepat atau lambat ganggang ini akan muncul lagi melalui spora yang dihasilkannya.

 

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah serangan ganggang di bak antara lain :

 

  • Bersihkan bak secara rutin. Untuk kolam pemeliharaan, tidak dilema kalau Anda membersihkannya setiap hari. Anda juga mampu menggunakan sabun deterjen untuk mencuci bak tersebut biar balasannya lebih tuntas. Selama proses pembersihan berlangsung, kura-kura mampu dipindahkan terlebih dahulu ke tangki lain.
  • Ganggang akan tumbuh lebih cepat di air yang kondisinya kotor alasannya yakni banyak mengandung amoniak sebagai nutrisinya. Ganggang juga akan lebih cepat berkembang bila sering menerima sinar matahari langsung. Kaprikornus usahakan untuk selalu menjaga kebersihan bak dan kura-kura serta memasang pelindung kanopi/naungan di atas bak tadi.
  • Semua benda yang pernah ditumbuhi oleh ganggang akan mengandung spora dari tanaman air ini. Sebisa mungkin buanglah benda-benda dan pelengkap bak yang pernah diselimuti oleh ganggang. Kalau Anda merasa sayang dengan pelengkap tersebut, cobalah menyucikannya dengan jalan menyiram air aki ke seluruh permukaannya.

 

hiu megalodon – Sekarang Anda sudah tahu kan penyebab bahwasanya kenapa tempurung kura-kura sering sekali ditemukan berlumut? Anda juga tentu telah mengerti langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah tumbuhnya ganggang ini? Kini tiba saatnya untuk membersihkan tempurung kura-kura yang sudah terlanjur kotor. Begini cara selengkapnya!

 

Alat dan Bahan :

 

  • Sikat gigi
  • Pasta gigi
  • Garam
  • Air
  • Gayung

 

Langkah-langkah :

 

  • Proses pencucian tempurung kura-kura ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau siang hari. Jika Anda mengerjakannya di pagi hari, kura-kura mampu pribadi dijemur setelah dimandikan. Sedangkan pencucian di kala siang hari berkhasiat untuk menjaga kura-kura biar tidak kepanasan.
  • Siram seluruh badan kura-kura dengan air yang bersih. Siram juga tempurung adegan bawahnya secara merata.
  • Oleskan pasta gigi secukupnya di atas bulu sikat gigi. Kemudian tambahkan garam dapur secukupnya di atas lapisan odol ini. Disarankan untuk menggunakan sikat gigi yang mempunyai bulu halus dan lembut.
  • Pegang kura-kura memakai tangan. Pegang kura-kura dengan berpengaruh dan jangan hingga terjatuh. Gosokkan sikat gigi ke tempurung adegan atas. Biar lebih cepat bersih, kerjakan dengan gerakan yang searah dan berulang-ulang.
  • Berlanjut pada adegan tempurung sebelah bawah. Sikat tempurung ini hingga bersih dengan gerakan yang searah. Hati-hati ketika menyikat tempurung kura-kura ini. Pastikan odol sama sekali tidak mengenai mata kura-kura.
  • Biarkan lapisan odol tetap berada di badan kura-kura selama 1-3 menit. Tujuannya supaya lapisan ini bekerja lebih tuntas dalam mengangkat kotoran yang menempel di permukaan tempurung.
  • Setelah itu, Anda mampu membilas memakai air bersih. Bilas hingga beberapa kali biar dapat dipastikan bahwa kura-kura tersebut sudah benar-benar bersih. Jika kondisi cuaca di luar tidak terlalu terik, Anda mampu menjemurnya selama 15-30 menit.