2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Cara Menanam Sawi di Polybag
Cara Menanam Sawi di Polybag

Cara Menanam Sawi di Polybag

Cara Menanam Sawi di Polybag
Cara Menanam Sawi di Polybag

Sayuran sawi siap konsumsi

Menanam sawi juga bisa menjadi alternatif untuk menjamin ketersediaan sayuran untuk bahan masakan. Hanya dengan menanam 10 pohon sawi saja, anda tidak perlu bingung-bingung mencari sayuran untuk campiran mie, capcay, dan lain-lain.
Mengapa polybag? karena polybag harganya murah, mudah didapat dan bisa tahan hingga 1 tahun lebih. Dengan demikian, polybag dapat digunakan untuk beberapa masa panen. Kali ini saya akan memberikan tips menanam sawi dengan 30 paket polybag.

Penyemaian bibit

Penyemaian bibit menggunakan biji, biji dapat dibeli dari toko bibit sayuran. Bisa juga menggunakan bibit dari hasil tanaman sawi yang telah berbunga. Biji sawi berukuran seperti butiran pasir kasar dengan warna coklat keunguan.
Siapkan media penyemaian berupa campuran tanah dan sekam bakar dengan ketebalan minimal 5 cm
Taburkan kurang lebih 20 butir
Taburkan campuran tanah dan sekam tipis-tipis
Semprot dengan air agar lembab
Simpan di tempat tertutup dan gelap
Setelah 3 hari bibit telah berkecambah dan berdaun lembaga sempurna. Selanjutnya bibit bisa dikeluarkan dari tempat tertutup dan ditempatkan di tempat yang teduh. Lakukan penyiraman dengan semprotan untuk menjaga kelembaban tanah.

Bibit sawi siap dipindahkan ke polybag

Persiapan media tanam

Media tanam harus gembur, mampu menahan kadar kelembaban dan cukup hara. Campurkan tanah, sekam bakar dan kompos dengan perbandingan 1:1:1, aduk hingga rata, lembabkan dengan menyemprotkan air.

Pemilihan polybag

Ukuran polybag sangat menentukan perkembangan tanaman. Ukuran polybag yang terlalu kecil akan sangat menghambat pertumbuhan tanaman sawi. Ukuran paling ideal adalah minimal diameter 20 cm, tapi ukuran paling efektif adalah diamter 24 atau 25 cm.

Mengisi polybag

Isi polybag dengan media tanam dengan ukuran maksimal adalah 4/5 dari tinggi polybag. Selanjutnya, pada bagian atas polybag sebaiknya dilipat 2 kali, hal ini bertujuan agar polybag tidak mudah rusak saat pemindahan.

Penanaman biibit

Bibit yang siap ditanam sebaiknya sudah memiliki 2 daun baru. Biasanya ukuran bibit menjadi panjang dengan ukuran hingga 5 cm atau lebih. Untuk mengambil bibit pada tempat penyemaian, sebaiknya media semai disemprot/disiram agar memudahkan dalam pencabutan bibit tanpa merusak akar bibit.
Buat lubang di media tanam pada polybag dengan lebar 2 cm, kedalaman 5 – 7 cm. Masukkan batang bibit pada lubang hingga menyisakan bagian daun utamanya saja pada bagian atas, rapatkan lubang, siram dengan air pelan-pelan hingga seluruh bagian tanah basah.
Bibit yang baru ditanam sangat rentan stress, sehingga sebaiknya penanaman bibit dilakukan sore hari. Bibit harus diletakkan pada tempat teduh hingga 2 atau 3 hari.

Menanam sawi di polybag

Perawatan

Tanaman sawi santat sensitif terhadap kelembaban media. Pastikan tanah tidak kering dan keras dengan menyirami pagi dan sore. Terkecuali jika musim hujan, penyiraman bisa dilakukan 1 kali atau tidak perlu sama sekali.
Pastikan juga tanah harus selalu dalam keadaan gembur, hal ini bisa dilakukan dengan menusuk-nusuk tanah dengan kayu tumpul atau gagang sikat gigi secara pelan agar tidak merusak akar.
Gulma dan rumput akan menganggu pertumbuhan sawi, lakukan penyiangan secara berkala.

Panen Sawi

Umur panen tanaman sawi hanya berkisar 25 hingga 30 hari, namun dengan cara yang kreatif kita bisa memanfaatkan tanaman dengan durasi yang lebih lama. Pada dasarnya panen dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu secara random dan secara bersamaan. Secara random bisa dilakukan dengan memotong beberapa tanaman sawi atau memangkas beberapa daun saja sesuai kebutuhan. Panen secara bersamaan bertujuan untuk penanaman siklus berikutnya.

Siklus penanaman sawi dalam polybag

Untuk menjamin keberlangsungan pemanenan untuk 30 polybag, perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
Semai bibit per siklus berkisar 20 butir dengan harapan menjadi 15 bibit untuk ditanam siklus 1 a.
Umur bibit dipindahkan adalah 6 – 10 hari, bisa dilakukan dengan seleksi tanaman terbaik.
Lakukan penyemaian bibit 20 butir untuk siklus 1 b dengan kurang lebih 15 bibit siap tanam di polybag sisanya.
Lakukan penyemaian 20 bibit untuk siklus 2 a, saat siap di tanam (umur bibit 6 – 10 hari) di polybag, tanaman siklus 1 a sudah memasuki masa panen.
Lakukan penyemaian 20 bibit untuk siklus 2 b dan seterusnya.

Sumber: https://berkebun.co.id/