2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Fungsi advokasi

Fungsi advokasi

   Merupakan layanan bimbingan dan konseling yang membantu peserta didik memperoleh pembelaan atas hak dan kepentingannya yang kurang mendapat perhatian.

Contoh:

           Seorang siswa yang mempunyai masalah dengan temannya tetapi dia merasa kurang mendapat keadilan atas keputusan yang diambil pihak yang berwenang atas masalah tersebut maka disinilah peran dari fungsi advokasi.

  1. JELASKAN DAN BERI CONTOHNYA, RELEVANSI TUJUAN BK DENGAN ISLAM !

JAWAB :

Relevansi tujuan dan fungsi bimbingan dan konseling dengan islam melihat bagaimana Islam memandang manusia, tujuan penciptaannya, dan tugas atau tanggung jawabnya serta penejelasan-penjelasan lain yang berkenaan dengan syari’at Islam. Melalui tujuannya agar manusia (individu) mampu memahami potensi-potensi insaniah-nya, termasuk memahami persoalan hidup dan mencari alternative pemecahannya. Contohnya: Seorang pemuda melakukan pendekatan diri dengan mempelajari bimbingan dan konseling dari pandangannya bahwa segala sikap dan dan perilaku yang bersifat positif dan membangun haruslah dikembangkan agar pergaulan dan pengendalian dirinya tidak dapat dipengaruhi oleh seagla hal duniawi menurut ajaran Islam

  1. JELASKAN DAN BERI CONTOHNYA, LIMA SASARAN BK DI SEKOLAH !

JAWAB :

     Sasaran bimbingan dan konseling pendidikan terdiri dari dua hal, yakni sasaran secara umum dan sasaran secara khusus. Sasaran umum bimbingan dan konseling dilingkungan pendidikan adalah konseli (peserta didik) atau individu yang terdaftar menjadi anak didik di lembaga pendidikan yang bersangkutan, sedangkan sasaran secarakhusus bimbingan dan konseling pendidikan adalah tumbuh kembangnya seluruh potensi anak didik secara optimal.

Sasaran utama bimbingan dan konseling di atas dapat dicapai melalui beberapa tahap.yaitu

  • Pengungkapan
  • Pengungkapan berarti klien (anak didik) harus mampu mengungkapkan berbagai problem belajarnya, baik disekolah maupun dirumah.
  • Pengenalan
  • Pengenalan bertujuan agar anak didik dapat mengenali dirinya sendiri secara keseluruhan.
  • Penerimaan diri
  • Penerimaan diri yaitu kerelaan anak didik terhadap keadaan dirinya tanpa syarat.

sumber :

https://cafedelmarjazz.com/smurfs-epic-run-apk/