2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /    Fungsi Landasan Pendidikan

 Fungsi Landasan Pendidikan

Misi utama landasan pendidikan ini tertuju kepada pengembangan wawasan kependidikan, yaitu berkenaan dengan berbagai asumsi yang bersifat umum tentang pendidikan yang harus dipilih dan diadopsi oleh tenaga kependidikan sehingga menjadi cara pandang dan bersikap dalam rangka melaksanakan tugasnya. Berbagai asumsi pendidikan yang telah dipilih dan diadopsi oleh seseorang tenaga kependidikan akan berfungsi memberikan dasar rujukan konseptual dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan yang dilaksanakannya. Dengan kata lain, fungsi landasan pendidikan adalah sebagai dasar pijakan atau titik tolak praktek pendidikan dan atau studi pendidikan.[2]

  1. Jenis-Jenis Landasan Pendidikan

  2.       Landasan religius pendidikan

2)      Landasan religius pendidikan adalah asumsi-asumsi yang bersumber dari ajaran agama yang dijadikan titik tolak dalam pendidikan.

3)      Landasan filosofis pendidikan

4)      Landasan filosofis pendidikan adalah asumsi-asumsi yang bersumber dari filsafat yang menjadi titik tolak dalam pendidikan.

5)      Landasan ilmiah pendidikan

Landasan ilmiah pendidikan adalah asumsi-asumsi yang bersumber dari disiplin ilmu tertentu yang menjadi titik tolak dalam pendidikan. Dengan berbagai disiplin ilmu seperti psikologi, sosiologi, ekonomi, antropologi, atau sejarah.

sumber :
https://www.disdikbud.lampungprov.go.id/projec2014/seva-mobil-bekas/