2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Gelang Pangggul (Os Pelvis)

Gelang Pangggul (Os Pelvis)

Tulang pelvis adalah penghubung antara badan dan anggota bawah yaitu tualng sacrum dan koksigis yang bersendi satu dengan yang lainnya pada simfisis pubis.

Tulang pelvis dibentuk dari :

  1. a)Os coxae, dibagian depan dan samping.
  2. b)Os sacrum dan coccygeus dibagian belakang

Pada gelang panggul terdapat pintu panggul yang dibagi atas 2 bagian, yaitu:

  1. a)Pintu atas panggul (aditus pevis), yang dibentuk dari promotorium dari tulang sacrum, serta garis ilio-pectinal dan Krista os pubis.
  2. b)Pintu bawah panggul (exitus pelvis), yang dilingkari oleh os coccygeus dan tuberusitas ischii.

Kerangka Anggota Gerak Atas (Extremitas Superior)

Extremitas superior dikaitkan dengan kerangka bada dengan perantaraan gelang bahu yang terdiri dari scapula dan klavikula. Tulang-tulang yang membentuk kerangka lengan antara lain:

  1. Gelang bahu

Yaitu persendian yang menghubungkan lengan dengan badan. Bagian ini dibentuk oleh dua buah tulang yaitu os scapula (tulang belikat) dan os klavikula (tulang selangka).

  1. Humerus

Merupakan tulang pangkal lengan yang mempunyai tulang panjang seperti tongkat. Bagian yang mempunya hubungan dengan bahu bentuknya bundar berbentuk kepala sendi yang disebut kaput humeri. Pada kaput humeri ini terdapat tonjolan yang disebut tuberkel mayor dan minor. Pada bagian bawah terdapat lekukan yang disebut kolumna humeri.

  1. Ulna (tulang hasta)

Yaitu tulang bawah yang lekukannya sejajar dengan tulang jari kelingking arah ke siku mempunyai taju yang disebut prosesus olekrani, gunanya ialah tempat melekatnya otot dan menjaga agar siku tidak membengkok ke belakang.

  1. Radius (tulang pengumpil)

Letaknya bagia lateral, sejajar dengan ibu jari. Di bagian yang berhubungan dengan humerus dataran sendinya berbentuk bundar yang memungkinkan lengan bawah dapat berputar atau terlungkup.

  1. Karpalia (tulang pergelangan tangan)

Terdiri dari 8 tulang tersusun dalam dua bari:

1)  Bagian proksimal meliputi: os navikular (tulang bentuk kepala), os lunatum (tulang bentuk bulan sabit), os triquetum (tulang bentuk segitiga), os fisiformis (tulang bentuk kacang).

2)  Bagian distal: os multangulum mavus (tulang besar bersegi banyak) os multangulum minus (tulang kecil bersegi banyak), os kapitatum (tulang berkepala), os hamatum (tulang berkait).

  1. Metakarpalia (tulang telapak tangan)

Terdiri dari tulang pipa pendek, banyaknya 5 buah setiap batang. Mempunyai dua ujung yang bersendi dengan tulang karpalia dan bersendi dengan falangus atau tulang jari.

  1. Falangus (tulang jari tangan)

Terdiri dari tulang pipa pendek yang banyaknya 14 buah, dibentuk dalam 5 bagian tulang yang berhubungan dengan metakarpalia perantaraan persendian.

Baca juga: