2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Hakikat Perkembangan Anak yang Bersifat Nonnormatif
Hakikat Perkembangan Anak yang Bersifat Nonnormatif

https://periskop.co.id/chimeras-apk/Hakikat Perkembangan Anak yang Bersifat Nonnormatif

Hakikat Perkembangan Anak yang Bersifat Nonnormatif

  1. Pengertian

Penggunaan pendekatan perkembangan untuk melihat kelainan yang diderita oleh anak sebenarnya berlandaskan empat tema dasar atau prinsip yaitu : (1). Kelainan muncul atau terjadi hanya pada individu yang mengalami perkembangan. Tujuan atau tugas dari perkembangan di sini adalah menerangkan asal usul simtom dan penyebab dari kelainan perilaku yang muncul. Frekuensi dan pola simtom dari kelainan perilaku akan bervariasi tergantung dari penyebab yang muncul sesuai perkembangan individu. Misalnya, stres ada pada setiap tahap perkembangan dari balita hingga remaja dan juga pada lanjut usia. Penyebab munculnya stres pada anak usia sekolah biasanya ditandai dengan perilaku menarik diri dari lingkungan dan murung, bahkan sering tertutupi oleh simtom lain seperti hiperaktif, mengompol, kesulitan belajar dan bahkan kemungkinan hingga perilaku anti sosial. Saat ini stres pada anak usia sekolah bisa berakibat dengan perilaku mengakhiri hidup atau bunuh diri.

Prinsip atau tema dasar ke (2). Kelainan perkembangan atau psikopatoiogi harus dipandang dalarn kaitannya dengan perkembangan yang normal, tugas-tugas perkembangan utama dan perubahan-perubahan yang muncul sepanjang rentang kehidupan. Psikopatologi sering kali didefinisikan sebagai penyimpangan dari perilaku yang normal, karena pada hakikatnya ada pencapaian normal tertentu yang harus dapat dipenuhi oleh setiap individu pada setiap tahap usia tertentu. Isu kritis yang muncul adalah bagaimana membedakan antara “gangguan” perkembangan yang masih dapat ditolerir atau masuk dalam kategori normal dengan yang sudah memerlukan penanganan serius.

Tema dasar atau prinsip ke (3) adalah, tanda-tanda awal dari perilaku berkelainan harus dipelajari secara serius. Meskipun definisi kelainan perkembangan (psikopatologi) tidak terlalu jelas dan belum terlalu stabil pada anak-anak usia muda dibandingkan orang dewasa, namun ada perilaku yang merupakan tanda-tanda awal bagi terjadinya kelainan perilaku dan ternyata berhubungan dengan masalah serius yang muncul kemudian.

Terakhir atau yang ke (4) adalah ada beragam patokan atau karakteristik perkembangan baik yang normal maupun berkelainan. Faktor yang beragam tersebut, sebagian bersifat genetis dan sebagian lagi karena lingkungan atau pengalaman, bahkan kedua hal tersebut saling berinteraksi dan kemungkinan membuat anak mengalami perubahan dari kondisi normal menjadi mengalami kelainan atau sebaliknya dari kondisi kelainan menjadi normal.

sumbe r:

Chimeras: Cursed and Forgotten Collector’s Edition 1.0 Apk