2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /    Humanisme

 Humanisme

Manusia secara fitrah memiliki bekal yang sama dalam upaya memahami sesuatu. Implikasi wawasan tersebut dalam kegiatan pendidikan

 

  1. Guru bukan satu-satunya sumber informasi

 

b.Siswa disikapi sebagai subjek belajar yang kreatif mampu menemukan pemahaman sendiri.

 

  1. Dalam proses belajar mengajar, guru lebih banyak bertindak sebagai model, teman pendamping, pemotivasi, penyedia bahan pembelajaran, aktor yang juga bertindak sebagai pebelajar.

 

  1. Progresifisme

 

Prilaku manusia dilandasi motif dan minat tertentu. Implikasi wawasan tersebut dalam kegiatan pendidikan :

 

  1. Isi pembelajaran harus memiliki kegunaan bagi pebelajar secara aktual.

 

  1. Dalam kegiatan belajarnya siswa harus menyadari manfaat pengusaan isi pembelajaran itu bagi kehidupannya.

 

  1. pembelajaran harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan, pengalaman dan pengetahuan pebelajar.

 

  1. Rekonstruksionisme

 

Manusia selain memiliki kesamaan juga memiliki kekhasan. Implikasi wawasan tersebut dalam kegiatan pendidikan :

 

  1. Layanan pembelajaran selain bersifat klasikal juga bersifat individual

 

  1. Pebelajar selain ada yang menguasai isi pembelajaran secara cepat juga ada yang menguasai isi secara lambat

 

  1. perlu disikapi sebagai subjek yang unik, baik itu menyangkut proses merasa, berfikir dan karakteristik individualnya sebagai hasil bentukan lingkungan keluarga, teman bermain, maupun lingkungan kehidupan sosial masyarakatnya.

sumber :

https://khasanahkonsultama.co.id/video-collage-maker-apk/