2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Iklan media massa menurun, Komisi Konsumen Australia serukan regulasi konten digital

Iklan media massa menurun, Komisi Konsumen Australia serukan regulasi konten digital

Iklan media massa menurun, Komisi Konsumen Australia serukan regulasi konten digital

Komisi Persaingan dan Konsumen Australia (Australian Competition and Consumer Commission/ACCC) menyatakan perlu membuat regulasi yang mengatur raksasa teknologi meliputi Google dan Facebook, guna melindungi masa depan industri media massa, imbas berpindahnya tren iklan ke platform digital.

Ketua ACCC Rod Sims mengatakan, kekuatan pasar yang dimiliki Google dan Facebook memberikan dampak buruk pada dunia jurnalistik di Australia.

Dilansir AFP, Senin, jumlah jurnalis surat kabar Australia turun 20 persen pada 2014 hingga 2017, menyusul pendapatan iklan cetak berkurang. Sims mengatakan, Google dan Facebook menguasai hampir 70 persen pemasukan dari iklan online.

“Pergeseran pendapatan iklan online ini, dan ke platform digital, telah mengurangi

kemampuan bisnis media untuk mendanai berita dan jurnalisme,” kata Sims dalam sambutannya untuk International Institute of Communications Sydney, Senin.

“Kami tidak bisa begitu saja menyerahkan produksi berita dan jurnalisme

kepada kekuatan pasar,” tambah Sims, yang bersama agensinya telah meneliti dampak platform digital terhadap industri berita di Australia.

Ketika platform digital menangkap sebagian besar pendapatan untuk iklan, mereka tidak membuat berita yang orisinil, kata Sims.

“Mereka memilih, membuat, mengevaluasi, membuat peringkat

dan mengatur berita yang diproduksi oleh pihak ketiga,” katanya, kemudian menyatakan bahwa kekuatan pasar meningkatkan “risiko penggelembungan dan munculnya berita yang tidak dipercaya pada platform digital”.

“Memegang posisi kritis seperti itu, media dan periklanan harusnya memiliki tanggung jawab khusus,” katanya.

 

sumber :

https://merkbagus.id/seva-mobil-bekas/