2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Ilustrasi Penyusunan Laporan Arus Kas

Ilustrasi Penyusunan Laporan Arus Kas

Informasi untuk membuat laporan arus kas biasanya berasal dari (a) neraca komparatif, (b) laporan laba rugi periode berjalan dan (c) data transaksi terpilih. Pembuatan laporan arus kas dari sumber-sumber ini melibatkan langkah-langkah :

  1. Penentuan kas yang disedikan oleh operasi
  2. Penentuan kas yang disediakan oleh atau digunakan dalam aktivitas investasi dan pembiayaan
  3. Penentuan perubahan (kenaikan atau penurunan) selama periode berjalan
  4. Rekonsiliasi perubahan kas dengan saldo kas awal dan saldo kas akhir

Pada umumnya informasi yang digunakan untuk menyusun laporan aliran kas Menurut Efraim Ferdinand Giri (1994 : 58) diperoleh dari :

  1. Neraca komparatif. Statement ini memberikan informasi tentang jumlah perubahan dalam aktiva, kewajiban, dan modal dari awal sampai dengan akhir tahun.
  2. Laporan Laba Rugi periode kini. Statement ini memberikan informasi tentang jumlah kas yang diperoleh dan digunakan dalam operasi selama periode tertentu.
  3. Data transaksi terseleksi. Data ini diperoleh dari buku besar, data tersebut digunakan sebagai informasi tambahan untuk menentukan kas yang diperoleh atau digunakan selama periode tertentu.

                                                                                                       

                                                  

BAB III

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Laporan arus kas merupakan laporan keuangan pokok, para pemakai laporan ingin mengetahui bagaimana perusahaan menghasilkan dan menggunakan kas dan setara kas. Laporan arus kas merinci sumber  penerimaan maupun pengeluaran kas berdasarkan aktivitas operasi, investasi, dan pembiayaan.

Laporan arus kas bermanfaat secara internal bagi manajemen dan secara eksternal bagi para pemodal dan kreditor secara internal, manajemen memakai laporan arus kas untuk menilai likuiditas, menentukan kebijakan deviden dan mengevaluasi imbas dari keputusan-keputusan kebijakan pokok yang menyangkut investasi dan pendanaan.

Sumber :

https://rakyatlampung.co.id/tengkorak-kuno-papua-nugini-diduga-milik-korban-tsunami-tertua/\