2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Jenis-Jenis Hedonisme
Jenis-Jenis Hedonisme

Jenis-Jenis Hedonisme

Jenis-Jenis Hedonisme

Psychological Hedonism

Menganggap bahwa manusia diciptakan secara lahiriah menginginkan kesenangan, secara naluri, manusia memang memiliki sifat menghindari rasa sakit dan derita.


Evaluative Hedonism

Kesenangan ialah apa yang seseorang inginkan dan kejar, dalam konsep evaluative hedonism, hanya kesenanganlah yang berharga dan rasa sakit atau ketidaksenangan ialah hal mengecewakan atau dianggap sesuatu yang tidak layak untuk dirasakan.


Rationalizing Hedonism

Seseorang mencari kesenangan namun paham akan konsekuensinya, misalnya seseorang mengkonsumsi obat-obatan terlarang untuk mencari kesenangan dan lepas dari masalah sejenak. Tapi ia tahu bahwa hal ini buruk untuk kesehatan dan bisa membawanya ke ranah pidana.


Kelebihan dan Kekurangan Hedonisme

Kembali lagi ke pengertian hedonisme, mencari kesenangan sebagai sumber kebahagiaan. Jadi bila seseorang merasa senang saat-saat  minum teh, kopi atau menonton drama demi mendapatkan kesenangan dan kebahagiaan maka ini sudah termasuk hedonisme.


1. Kelebihan Hedonisme

Hedonisme tidak melulu berdampak buruk, ada beberapa kelebihan dari mereka yang berperilaku hedonisme diantaranya yaitu:

  1. Punya motivasi kuat dalam mencapai keinginan.
  2. Suka bekerja keras dan pantang menyerah.
  3. Memanfaatkan setiap kesempatan dengan sebaik mungkin.

2. Kekurangan Hedonisme

Seperti di sebutkan sebelumnya hedonisme lebih banyak kekurangannya ketimbang kelebihannya, secara garis besar berikut ini ialah kekurangan hedonisme yaitu:

  • Sifat egois dan individualis sehingga tak punya kepekaan sosial.
  • Menghalalkan segala cara demi mencapai tujuan tanpa perduli cara yang dilakukannya dapat berdampak buruk.
  • Seringkali merugikan orang lain demi mencapai tujuannya.

Baca Juga :