2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Jenjang Studi Perguruan Tinggi
Jenjang Studi Perguruan Tinggi

Jenjang Studi Perguruan Tinggi

Jenjang Studi Perguruan Tinggi

Di perguruan tinggi terdapat berbagai jenjang studi, yang untuk sebagian termasuk dalam kelompok progam non-gelar. Pendidikan akademik yang terkait dengan gelar terdiri dari Program Sarjana dan Program Pasca Sarjana; yang terakhir ini meliputi Program Magister dan Program Doktor. Pendidikan profesional terdiri atas Program Diploma dan Program Spesialis (pasal 5). Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

Jenjang studi So

merupakan jenjang studi non-gelar, dengan masa studi bervariasi 1 sampai 4 tahun; jenjang ini meliputi program Diploma dari D1 (minimal 1 tahun), D2 (minimal 2 tahun), D3 (minimal 3 tahun) sampai D4 (minimal 4 tahun). Jenjang studi So merupakan jalur pendidikan untuk mencetak tenaga terampil dan diarahkan ke hal-hal yang praktis. Lulusan program Diploma diharapkan menjembatani tenaga menengah lulusan SLTA dengan tenaga ahli. Politeknik dan Akademi hanya menyelenggarakan program Diploma; sedangkan universitas, institut dan sekolah tinggi dapat mengelola program Diploma di samping program yang lain.

Program non-gelar

yang lain adalah program Spesialis dan program Akta. Program Spesialis terdiri atas Spesialis 1 (Sp 1) dengan lama studi minimal 2 tahun bagi lulusan program D4 dan S1, serta Spesialis 2 (Sp 12) dengan lama studi minimal 2 tahun bagi lulusan program Sp1 dan S2. Program Akta adalah program khusus untuk mendapatkan sertifikasi layak mengajar, yaitu A1 untuk mengajar di jenjang pendidikan dasar, A2 untuk mengajar di SMP bagi lulusan program D2 Kependidikan, A3 untuk mengajar di SMP atau SLTA bagi lulusan program D3 Kependidikan, A4 untuk mengajar di SLTA bagi lulusan S1 program Kependidikan, sedangkan A5 memberikan kewenangan mengajar di perguruan tinggi.

Jenjang studi S1

termasuk kelompok program gelar, dengan masa studi minimal 4 tahun. Lulusan mendapat hak untuk menggunakan gelar sarjana dalam bidang ilmu tertentu. Pendidikan akademik ini mengarah pada pendalaman teori dan aplikasinya, sehingga lulusan jenjang studi ini diharapkan mampu langsung terjun ke lapanangan pekerjaan yang sesuai dengan jenis pendidikan prajabatan yang diterima. Jenjang studi ini dikenal dengan nama Strata 1 (S1).

Jenjang studi S2 (Strata 2)

juga termasuk kelompok program gelar dan merupakan kelanjutan dari jenjang studi S1, dengan masa studi minimal 2 tahun. Lulusan mendapat hal untuk memakai gelar Magister dalam bidang ilmu tertentu. Pendidikan akademik ini diarahkan pada penelitian ilmiah dan tesis, sehingga lulusan jenjang ini mampu mandiri dalam jabatan yang merupakan wadah perwujudan keahlian yang dimiliki. Jenjang studi S2 merupakan bagian dari Program Pasca Sarjana.

Jenjang studi S3 (Stara 3)

adalah jenjang pendidikan tertinggi dalam kelompok program gelar, dengan masa studi minimal 2 tahun. Lulusan S3 berhak menyandang gelar Doktor. Pendidikan akdemik ini diarahkan pada pengembangan kemampuan untuk ikut mengembangkan bidang ilmu yang menjadi daerah ke-ahliannya, antara lain dengan menciptakan karya ilmiah berdasarkan penelitian. Kemampuan itu harus dibuktikan dengan melalui penyusunan disertasi yang harus dipertanggungjawabkan di hadapan tim profesor dan kemudian diterbitkan. Jenjang studi S3 ini merupakan tahap terakhir dalam lingkup Program Pasca Sarjana.

Setelah keluar SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 036 Tahun 1993, sudah tidak dikenal lagi gelar Ir. dan Drs. bagi mereka yang lulus sejak tahun itu. Penggunaan gelar diatur dalam surat keputusan itu, misalnya gelar Sarjana dan Magister ditempatkan di belakang nama orang dalam bentuk singkatan dan gelar akademik Doktor disingkat Dr. serta ditempatkan di depan nama. Bidang keahlian dapat disebutkan juga dalam bentuk singkatan, misalnya S.H. (Sarjana Hukum), S.E. (Sarjana Ekonomi) dan S.Psi. (Sarjana Psikologi). Bagi lulusan program Diploma diatur jenis sebutan profesional, juga dalam bentuk singkatan yang ditempatkan di belakang nama; misalnya A.Ma untuk lulusan program D2 (Ahli Muda) dan A. untuk lulusan progam D4 (Ahli).

Baca juga: