2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Kebiasaan Membunyikan Buku Jari dan Osteoartritis
Kebiasaan Membunyikan Buku Jari dan Osteoartritis

Kebiasaan Membunyikan Buku Jari dan Osteoartritis

Kebiasaan Membunyikan Buku Jari dan Osteoartritis
Kebiasaan Membunyikan Buku Jari dan Osteoartritis

APAKAH Anda sering mendengar suara sendi punggung atau pinggul ketika berdiri? Atau, apakah Anda sering meremas buku-buku jari hingga berbunyi? Sebagian besar orang sering mengalami atau melakukan hal tersebut. Namun, mereka tidak tahu darimana bunyi tersebut berasal dan apa akibatnya pada tubuh?

Bunyi yang kita dengar tersebut ialah bunyi yang dihasilkan dari sendi

yang bergesekan akibat pergerakan tendon di sekeliling tulang. Tendon tersebut melekat ke tulang dan mengelilinginya melebihi sendi.

Ketika sendi bergerak, posisi tendon relatif berubah terhadap sendi sehingga menimbulkan bunyi dan kembali ke posisi semula. Bunyi tersebut normal terjadi baik keras ataupun pelan.

Ketika kita membunyikan buku jari, tekanan dalam sendi berkurang sehingga gas terlarut dalam cairan sinovial membentuk gelembung. Cairan sinovial merupakan cairan pelumas yang berfungsi untuk mengurangi gesekan sendi. Ketika hal itu terjadi, dengan segera cairan sinovial akan menutup ruang tersebut sehingga gelembung pun pecah dan menimbulkan bunyi.

Meskipun dianggap normal, ada yang mengaitkan kebiasaan tersebut

dengan osteoartritis. Osteoartritis merupakan degenerasi kronis sendi tulang rawan yang menyebabkan kekakuan dan berkurangnya mobilitas sendi. Nyatanya sampai saat ini belum ditemukan keterkaitan hal tersebut karena artritis dipengaruhi banyak faktor seperti genetik, usia, berat badan, dan cedera yang pernah dialami.

Pada tahun lalu sekelompok peneliti asal Kanada mempelajari mekanisme

bunyi buku jari tersebut. Penelitian menggunakan pencitraan resonansi magnetik dalam prosesnya. Peneliti menyimpulkan hal tersebut terjadi akibat pembentukan ruang dalam cairan sinovial yang berbentuk gelembung. Akhirnya gelembung itu pecah karena cairan tersebut cepat mengisi ruang kembali.

 

sumber :

https://uberant.com/article/728914-image-resizer/