2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Kemendikbud Prioritaskan Seniman Masuk Sekolah
Kemendikbud Prioritaskan Seniman Masuk Sekolah

Kemendikbud Prioritaskan Seniman Masuk Sekolah

Kemendikbud Prioritaskan Seniman Masuk Sekolah
Kemendikbud Prioritaskan Seniman Masuk Sekolah

Berkurangnya pagu anggaran untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemen­dikbud)

dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019 diperkirakan turut berdampak pada menurunnya alokasi anggaran untuk direktorat jenderal Kebudayaan. Meski demikian, Kemendikbud meng­klaim sejumlah program tetap akan menjadi prioritas di Kebudayaan, salah satunya program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS)

Seperti yang disampaikan Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud

, Hilmar Farid. Menurutnya, pengu­rangan anggaran sektor kebudayaan tidak akan mengurangi rencana pro­gram-program yang telah dirancang. Namun diakuinya, ada beberapa vo­lume kegiatan yang harus dipangkas, seperti kegiatan seminar. Alokasi ang­garan difokuskan untuk peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga penga­jar, salah satunya progam SMS. “Kita akan fokus untuk mengisi yang masih kosong, antara lain gerakan Seniman Masuk Sekolah,” kata Hilmar.

Jumlah seniman atau tenaga peng­ajar seni di sekolah masih sangat minim.

Padahal, Indonesia tidak kekurangan pelaku seni, namun sayangnya selama ini kurang diop­timalkan perannya. ”Gerakan seni­man masuk sekolah itu justru akan diperluas lagi, dari segi jumlah mau­pun area jangkauannya,” terang Hilmar

 

Baca Juga :