KITAB-KITAB YANG MEMUAT HADITS SHAHIH

KITAB-KITAB YANG MEMUAT HADITS SHAHIH

KITAB-KITAB YANG MEMUAT HADITS SHAHIH

KITAB-KITAB YANG MEMUAT HADITS SHAHIH
KITAB-KITAB YANG MEMUAT HADITS SHAHIH

Kitab Al-Mutawata’

Kitab ini disusun oleh Imam Malik bin Anas, seorang ahli fiqh, mujtahid, pakar hadits, salah seorang pemuka (imam) umat islam dari Madinah. Sebagain ulama berpendapat bahwa kitab Al-Muwata’ merupakan kitab tentang hadits sahih yang pertama kali sidudun karena kehati-hatian Imam Malik dalam memilih hadits-haditsnya. Dalam satu bab, ia memuat hadits marfu, ucapan-ucapan para sahabat dan fatwa-fatwa para tabi’in yang berkaitan dengan tema bab tersebut dan seringkali diikuti dengan penjelasan beliau tentang pengalaman terhadap hadist dan atsar tersebut.\

Jami shahih al-Bukhari

Kitab ini disusun oleh imam Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mugirah Al-Bukhari Al-Jufi. Dalam penyusunan kitabnya ini iman Al-Bukhari bermaksud mengungkap fiqh hadits shahih dan menggali berbagai kesimpulan hukum yang berfaedah, sertamenjadikan kesimpulan itu sebagai judul bab-babnya. Oleh karena itu kadang-kadang ia menyebutkan matan hadits tanpa menyebutkan sanadnya, kadang-kadang ia membuang seorang atau lebih dari awal sanad. Kadua macam cara periwayatan terakhir ini disebut sebagai takliq.

Sahih Muslim

Kitab ini disusun oleh Imam Muslim bin Al-Hajjah Al-Nakburi. Kitab Al-Musnad Al-sahih dan disebut pula Al-Jami’ Al-sshahih disusun dengan metode yang tidak dipakai oleh Bukhari dalam penyusun kitab shahihnya.
Berbeda metode penyusunan kedua kitab ini adalah bahwa Muslim tidak bermaksud untuk mengungkap fiqh hadits, melainkan mengemukakan ilmu-ilmu yang bersanad, karena ia meriwayatkan setiap hadits ditempat yang paling sesuai serta menghimpun jalur-jalur dan sanad-sanadnya ditempat tersebut. Sedangkan Al-Bukhari memotong-motong suatu hadits dibeberapa tempat dan pada setiap tempat ia sebutkan lagi sanadnya.

Sahih Ibnu Khuzaimah

Kitab ini disusun oleh seorang imam dan muhadits besarm Abu Abdillah Abu Bakar Muhammad bin Ishak bin Khusaimah

Shahih Ibnu Hibban

Kitab ini disusun oleh seorang Imam dan muhadits Al-Hafid Abu Hatim Muhammad bin Hibban Al-Busti, salah seorang murid Ibnu Khuzaimah. Ia menamakan kitab susunannya dengan nama Al-Taqasim wal Anwa disusun dengan sistematika sendiri, tidak berdasarkan bab. Demikian terimakasih yaaa

Baca Juga: