2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   KLASIFIKASI USAHA DALAM MANAJEMEN BISNIS
KLASIFIKASI USAHA DALAM MANAJEMEN BISNIS

KLASIFIKASI USAHA DALAM MANAJEMEN BISNIS

KLASIFIKASI USAHA DALAM MANAJEMEN BISNIS

Ada berbagai macam kegiatan usaha dapat

dijalankan dengan manajemen bisnis. Seperti usaha pertanian, konstruksi , pabrik, teknologi informasi dan komunikasi. Disamping itu, masih ada usaha jasa dan pemerintah yang menerapkan manajemen bidang bisnis.

Usaha pertanian dari skala kecil hingga pertanian berskala besar menggunakan manajemen bidang bisnis. Tujuannya agar dapat memproduksi pangan dan dapat bersaing di pasar lokal maupun mancanegara. Usaha pertanian di Indonesia banyak digeluti masyarakat yang tinggal dipedesaan atau perkotaan. Misalnya petanian, perkebunan, perikanan, dan persawahan.

Usaha konstruksi bergerak dalam pembangunan misalnya pembangunan rumah, gedung, jalan, pertokoan, dan sekolah. Kegiatan konstruksi ini sangat sering dilakukan sebagai upaya pembangunan nasional. Usaha tersebut menyerap banyak tenaga kerja, bahan konstruksi, dan jasa sehingga memerlukan manajemen dalam bidang bisnis untuk mengaturnya.

Selanjutnya adalah usaha teknologi informasi dan komunikasi di era modern ini. Biasanya berupa online shop atau start-up. Penjualan online semakin menjamur dan memiliki banyak pelanggan memerlukan manajemen yang baik agar dapat bersaing. Disamping itu, muncul start-up atau perusahaan rintisan berbasis teknologi. Start-up dapat disebut sebagai model perusahaan konvensional juga memerlukan manajemen dalam bidang bisnis.

Selain bisnis barang, bidang jasa juga memerlukan manajemen agar dapat bertahan ditengah masyarakat. Pasar jasa juga semakin lama meningkat dan persaingan semakin ketat. Berbagai inovasi dilakukan pelaku bisnis agar brandnya dikenal. Bisnis jasa tersebut misalnya salon, konsultan kecantikan, jasa servis komputer, cukur rambut, dokter, dan jasa lainnya.

Yang terakhir adalah usaha pemerintah berupa pengaturan kegiatan bisnis dan kestabilan ekonomi. Untuk membuat pengaturan tersebut pemerintah perlu mendasarkan pada manajemen bidang bisnis. Sebab pengaturan dikeluarkan terkait dengan lokasi perusahaan dan pabrik, hak cipta, hak paten, dan berbagai izin usaha.


Sumber: https://ins-conference.org/mine-quest-2-apk/