2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Lingkungan Internal dan Exsternal

Lingkungan Internal dan Exsternal

  1. Lingkungan Internal

Lingkungan internal adalah kejadian dan kecenderungan dalam suatu organisasi yang mempengaruhi manajemen, karyawan dan budaya organisasi.

Yang termasuk lingkungan internal adalah :

  1. Tenaga kerja
  2. Peralatan dan mesin
  3. Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
  4. Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
  5. Lingkunan Exsternal

Lingkungan eksternal adalah semua kejadian di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan (Chuck Williams, 2001; 51)

lingkungan eksternal terbagi menjadi 2 :

  1. Lingkungan ekstern mikro, merupakan unsur-unsur tindakan langsung atau lingkungan khusus. Lingkungan ekstern mikro terdiri dari :

–       Pelanggan (customer)

–       Pesaing (competitors)

–       Pemasok (supplier)

–       Perwakilan-perwakilan pemerintah

–       Lembaga keuangan

  1. Lingkungan ekstern makro, yang merupakan unsur-unsur tindakan tak langsung atau lingkungan umum. Lingkungan ekstern makro terdiri dari :

–       Ekonomi

–       Teknologi

–       Politik hukum

–       Sosial budaya.

2.4 Fungsi Perusahaan

  1. Fungsi operasi

Pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasi dan komunikasi, pelayanan umum dan, fungsi operasi penunjang.

  1. Fungsi manajemen

Perencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.

Bila keduanya berjalan dengan baik perusahaan akan menjalankan operasinya dengan lancar, terkoordinasi, terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan.

2.5 Ciri-ciri Perusahaan

1.Operatif                                                                                                                                                 Adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia / distribusi barang dan jasa.

2.Koordinatif                                                                                                                                       Diperlukan koordinasi semua pihak agar saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan.

  1. RegularUntuk mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan keteraturan yang dapat mendukung aktivitas agar dapat selalu bergerak maju.

sumber :
https://www.disdikbud.lampungprov.go.id/projec2014/seva-mobil-bekas/