Macam Macam Gerhana Matahari

Macam Macam Gerhana Matahari

Macam Macam Gerhana Matahari

Macam Macam Gerhana Matahari
Macam Macam Gerhana Matahari

Terdapat beberapa jenis gerhana matahari diantaranya:

Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari ini terjadi ketika sinar matahari yang menuju bumi terhalang sepenuhnya oleh bayang-bayang bulan. Pada ketika itu kedudukan bumi, bulan dan matahari berada pada satu garis lurus. Fenomena gerhana matahari total ibarat ini pastinya sangat jarang terjadi dan mungkin seseorang hanya sanggup melihat gerhana ini sekali dalam seumur hidup. Meskipun jarang terjadi, jangan memaksakan diri untuk melihat gerhana ini dengan mata telanjang. Karena hal tersebut sangat berbahaya, untuk melihatnya sebaiknya melalui pengamanan alat khusus ataupun melalui rekaman. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/tabel-sistem-periodik-unsur-kimia-dan-gambar-hd/)

Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana matahari sebagian terjadi ketika sinar matahari yang menuju bumi terhalangi oleh bayang-bayang penumbra bulan. Ketika gerhana ini berlangsung, akan terlihat sebagian cakram matahari tertutup cakram bulan.

Gerhana Matahari Cincin

Gerhana matahari ini terjadi ketika bumi mengalami lanjutan umbra bulan yakni ketika bulan berada pada titik terjauh dari bumi. Gerhana ini sanggup ditandai dengan adanya garis cahaya membentuk bulat cincin yang mempunyai lubang hitam ditengahnya.

Gerhana Matahari Hibrid

Gerhana hibrid bergerak antara gerhana total dan cincin. Saat titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Fenomena gerhana matahari hibrid relatif jarang terjadi.