2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Macam-Macam Mahkum Fih
Macam-Macam Mahkum Fih

Macam-Macam Mahkum Fih

Macam-Macam Mahkum Fih

Para ulama ushul fiqh membagi mahkum fih dari dua segi, yaitu dari segi hak yang terdapat dalam perbuatan itu sendiri, dan dari segi keberadaan secara material dan syara.[6]

  1. A)Dilihat dari segi hak yang terdapat dalam perbuatan itu maka mahkum fih di bagi menjadi empat macam, yaitu :

  2. Semata mata hak Alloh, yaitu sesuatu yang menyangkut kepentingan dan kemaslahatan.dalam hak ini seseorang tidak di benarkan melakukan pelecehan dan melakukan suatu tindakan yang mengganggu hak ini. hak ini semata-mata hak Alloh.dalam hal ini ada delapan macam:
  1. Ibadah mahdhoh (murni) seperti iman dan rukun iman yang lima.
  2. Ibadah yang di dalamnya mengandung makna pemberian dan santunan,seperti:zakat fitrah,karena si syaratkan niat dalam zakat fitrah. Karenanya disyaratkan niat dalam zakat bagi semua orang.
  3. Bantuan/santunan yang mengandung ma’na ibadah seperti: zakat yang dikeluarkan dari bumi.
  4. Biaya/santunan yang mengandung makna hukuman, seperti: khoroj (pajak bumi) yang di anggap sebagai hukuman bagi orang yang tidak ikut jihad.
  5. Hukuman secara sempurna dalam berbagai tindak pidana, seperti hukuman orang yang berbuat zina (dera atau rajam), pencurian (potong tangan).
  6. Hukuman yang tidak sempurna seperti seseorang tidak diberi hak waris, karena membunuh pemilik harta tersebut.
  7. hukuman yang mengandung makna ibadah seperti: kafarat orang yang melakukan senggama disiang hari pada bulan ramadhan.
  8. Hak-hak yang harus dibayarkan, seperti kewajiban mengeluarkan seperlima harta terpendam dan harta rampasan perang.

sumber :