2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Masyaqqoh Goiru Mu’tadah

Masyaqqoh Goiru Mu’tadah

    Yaitu suatu kesulitan/kesusahan yang diluar kekuasaan manusia dalam mengatasinya dan akan merusak jiwanya bila di paksakan. Taklif seperti ini mungkin bisa menurut akal, namun tidak ada dalam syariat. Alloh tidak tidak menuntut manusia untuk melakukan perbuatan yang menyebabkan kesusahan, seperti puasa yang terus menerus sehingga mewajibkan selalu bangun malam untuk sahur.

ير يد الله بكم اليسر و لا ير يد بكم العسر البقره

Alloh menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu

(al baqoroh 185)

Apabila dalam suatu amalan terdapat kesulitan untuk mengerjakannya, maka Allah SWT pun memberikan keringanan dengan cara rukshah. Adanya rukhshah dalam hukum syara, seperti dibolehka manjama dan mengqasar jumlah rakaat dalam shalat.

2.4. Pembagian Kemampuan menurut Ulama Hanafiyah

Menurut ulama hanafiyah, kemampuan adalah tertjaganya alat untuk melakukan sesuatu sahnya syarat. Maksudnya adalah adanya perantara untukmelakukan tuntutan tersebut, seerti sehat, adanya air, dan lain sebagainya. Kemampuan menurut mereka terbagi dalam dua bagian, yaitu : mutlaq dan sempurna.[5]

  1. Mutlaq, merupakan kemampuan yang mungkin, yaitu adanya sarana untuk melaksanakan kewajiban, baik berupa harta ataupun lainnya. Sebagai contoh seperti, air mutlaq diperlukan untuk berwudu, orang yang sudah mampu diwajibkan untuk melaksanakan ibadah haji. Namun, syarat tersebut tidak harus sesuai daam keadaan wajib, seperti tidak gugur kewajiban ibadah haji, jika seseorang telah mampu, tetapi tidak melaksanakannya sampai hartanya habis.
  2. Sempurna, adalah kemampuan yang memudahkan, yakni adanya faktor yang memudahkan dalam pelaksanaan kewajiban. Hal ini biasanya berkaitan dengan masalah harta, bukan dengan badan. Seperti kewajiban zakat, yang merupakan kelebihan harta. Oleh karena itu, kewajiban zakat ada, apabila selama ada harta. Karena bila dipaksakan maka kewajiban zakat itu menjadi gugur dan menjadi kesulitan.

sumber :

https://www.disdikbud.lampungprov.go.id/projec2014/seva-mobil-bekas/