Menag Lukman Saifuddin Launching SPAN-UM PTKIN 2019

Menag Lukman Saifuddin Launching SPAN-UM PTKIN 2019

Menag Lukman Saifuddin Launching SPAN-UM PTKIN 2019

Menag Lukman Saifuddin Launching SPAN-UM PTKIN 2019
Menag Lukman Saifuddin Launching SPAN-UM PTKIN 2019

Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin meminta pengelola Perguruan Tinggi

Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) agar proaktif menjaring calon-calon mahasiswa terbaik.

Hal itu dikatakan oleh Menag saat melaunching Seleksi Prestasi Akademik Nasional- Ujian Masuk (SPAN-UM) PTKIN di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (23/1/2019).

Lukman mengatakan, salah satu cara untuk menjaring calon mahasiswa terbaik adalah dengan talent scouting (pencarian bakat) siswa-siswa terbaik pada madrasah, pesantren, maupun sekolah umum.

“Saya memberikan apresiasi dan terima kasih semua pihak atas partisipasi menyukseskan

SPAN-UM PTKIN. Kita bersyukur peminat SPAN-UM PTKIN setiap tahunnya terus meningkat” tuturnya, sebagaimana rilis yang dikirimkan ke Joglosemarnews.

Menag menilai, pelaksanaan SPAN-UM PTKIN merupakan sebuah langkah yang strategis guna memperbaiki kualitas PTKIN. Terutama untuk menjaring calon mahasiswa terbaik di madrasah maupun pesantren.
Baca Juga : SMK Kesehatan Mandala Bhakti Gelar Kemah Ambalan Baru

“Saya minta masing-masing PTKIN melakukan refleksi dan menemukan cara untuk

meningkatkan minat masyarakat terhadap PTKIN. Jemput bola untuk memantau santri-santri di pesantren, siswa-siswa madrasah yang dua tiga tahun ke depan akan masuk PTKIN,” imbuh Menag.
Baca Juga : Sambut HUT ke-74, SD Muhammadiyah 1 Ketelan Adakan Berbagai Lomba

Menurut Menag, madrasah dan pesantren saat ini memiliki spesialisasi tertentu yang bisa digali dan diarahkan agar santri atau siswanya dapat masuk pada jurusan yang tepat di PTKIN. Misalnya kita punya pesantren yang spesialisasi kajiannya di ilmu hadis, fiqih, dan sebagainya, ini kita perlu jaring.

Sementara itu, Rektor IAIN Salatiga, Dr. Rahmat Hariyadi, M.Pd. ditemui usai mengikuti peluncuran, mengatakan bahwa SPAN-UM PTKIN membuka akses bagi seluruh anak bangsa dari daerah mana pun untuk memilih perguruan tinggi yang diharapkan.
Baca Juga : HUT ke-74 RI, Siswa SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Lomba Mirip Bung Karno

Ia juga menambahkan, selain itu juga memungkinkan adanya penyebaran calon mahasiswa pada berbagai perguruan tinggi, tidak hanya terkonsentrasi pada universitas-universitas yang besar.

“Dari sisi perguruan tinggi, hal ini membuka peluang untuk memilih calon mahasiswa yang terbaik sesuai dengan daya tampung yang ada,” kata beliau.

Peluncuran SPAN-UM PTKIN 2019 itu sendiri dihadiri Rektor dan Wakil Rektor Bidang Akademik, humas, pengelola TIK PTKIN seluruh Indonesia, Kakanwil Kemenag se-Indonesia, perwakilan siswa madrasah dan perwakilan mahasiswa PTKIN. suhamdani

 

Sumber :

http://kw.pm.org/wiki/index.cgi?pakguru