2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Menanam pepaya dipekarangan rumah
Menanam pepaya dipekarangan rumah

Menanam pepaya dipekarangan rumah

Menanam pepaya dipekarangan rumah
Menanam pepaya dipekarangan rumah

Jika kita ingin berkebun dengan menanam tanaman pepaya, tidak selamanya harus menyiapkan lahan luas. Kita boleh menanam pepaya dipekarangan rumah, sambil menanam tanaman lain, karena tanaman pepaya dapat tumbuh berdampingan dengan tanaman sayur salah satunya.

Jika ingin menanam pepaya ada beberapa langkah – langkah yang harus disiapkan ;

Cara pembibitan

1. Buah yang mau dijadikan bibit harus yang benar – benar matang, bentuknya standar, dan warna daging buah yang merah.
2. Biji yang kita ambil kemudian dibersihkan dari daging buah kemudian dijemur sebentar.
3. Bibit bisa kita semaikan terlebih dahulu atau ditanam langsung ketanah.
4. Kalau melaui persemaian, biji mesti direndam air bercampur pestisida, terhindar dari semut.

Cara penanaman tanaman pepaya

* Pembuatan lubang sedalam 25 cm, tanah yang kita lubangi sebisa mungkin digemburkan dulu terus dikasi pupuk kandang ternak.
* Pemindahan bibit dari persemaian minimal tinggi bibit 27 cm, pada saat pencabutan bibit terlebih dahulu disiram tanaman bibit baru dicabut dalam keadaan lembab.
* Bibit yang dicabut harus secepatnya dipindahkan sebelum layu.
Menanam tanaman pepaya dekat rumah, salah satu cara berkebun untuk memenuhi konsumsi keluarga akan kebutuhan buah segar. Sangat praktis dalam perawatan karena hampir setiap hari kita melihatnya, tanaman pepaya salahsatu jenis tanaman buah yang sangat membutuhkan cuaca lembab sehingga harus dengan teratur disiram, konsumsi buah pepaya segar dimasa sekarang sudah jarang dijumpai dipasaran pada umumnya buah disegarkan melalui lemari atau priser.

Baca Juga: https://berkebun.co.id/budidaya-jamur-tiram/

Tanaman pepaya dimusim buah

Buah pepaya bukan saja dikonsumsi sebagai buah segar tetapi juga dapat dijadikan sebagai sayur rumahan atau sebagai asinan buah yang mengkal atau setengah matang. Bagi kebanyakan ibu yang menyusui dianjurkan mengkonsumsi sayur buah pepaya yang segar sebagai petansan asi, disamping sebagai konsumsi buahnya banyak ahli koki yang menjadikan daun mudahnya sebagai sayur hijau atau bungahnya sebagai masakan sayur. Tanaman pepaya secara tidak langsung mempunyai banyak mamfaat bagi manusia, sehingga pada dasarnya banyak orang yang menanam tanaman pepaya dipekarangan rumahnya.