2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Pelaksanaan KKL di Pengrajin Kain Tenun Songket Sukar

Pelaksanaan KKL di Pengrajin Kain Tenun Songket Sukarare

Hari, Tanggal        : Rabu, 21 Oktober 2015

Waktu                   : 09.00 s/d 10.30

Tempat                  : Pengrajin Tenun Songket Sukarare

Acara                    : Pengenalan pembuiatan kain songket dan juga proses pembuatannya.

Perjalanan dari hotel ke pengrajin kain songket desa sukarare membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit. Kunjungan pertama dibagi menjadi lima kelompok dan dipandu oleh pemandu wisatanya masing-masing (gaet). Pemandu Wisata menjelaskan bagaimana pengrajin tenun songket membuat suatu kain yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, Pemandu Wisata menjelaskan satu persatu alat-alat ang digunakan penenun tersebut dan juga langkah-langkah dalam membuat kain di paparkan gaet dengan saksam. Warga Desa Sukarare menampun semua hasil tenunannya di suatu Koperasi yang bernama “Tenun Sukarare Cooverative”.

Bahan baku yang mereka gunakan adalah benang katun, serat pisang, serat kayu, sutera, sutera emas dan benang sutera perak. Sedangkan untuk bahan pewarna yang mereka gunakan adalah dari bahan pewarna alami. Seperti warna coklat kemerahan dari pohon mahoni, warna coklat muda dari batang jati, warna coklat tanah dari biji asam, warna coklat tua dari batang pisang busuk, dan warna ungu dari kulit manggis dan anggur. Uniknya di Desa tersebut yang dibolehkan untuk menenun hanyalah kaum perempuan saja. Karena mitosnya, apabila kaum laki-laki yang melakukan pekerjaan tersebut akan mandul.

  1. Pelaksanaan KKL di Bank BRI Syari’ah Cabang Denpasar

Hari, Tanggal        : Kamis, 22 Oktober 2015

Waktu                   : 09.00 s/d 10.30

Tempat                  : Wirausaha Dewata Bali

Acara                    : Pengenalan Bank BRI Syariah Cabang Denpasar Bali dan sejarah berkembangnya Bank Syariah, tanya jawab, dan penyerahan kenang-kenangan dari UIN Walisongo Semarang.

Narasumber           : Moch Machbub Sanjaya

Perjalanan dari Hotel menuju lokasi KKL yang kedua langsung menuju Bank Syariah Cabang Denpasar Bali. Berhubung tempat Bank Syariah kurang memungkinkan memuat semua peserta KKL, maka Bank BRI Syariah memutuskan untuk menggunakan tempat di wirausaha Dewata Bali. Acara dimulai dengan perkenalan dari Moch Machbub Sanjaya selaku Pimpinan Bank BRI Syari’ah Cabang Denpasar dan di moderatori oleh Drs. H. Wahab Zaenuri, M.M selaku Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo.

Moch Machbub Sanjaya mengawali materi dengan menjelaskan sejarah perkembangan Bank Syariah di Bali, kemudian dilanjutkan dengan perkembangan BRI Syari’ah, perkembangan jaringan, aset, pembiayaan, dana, produk-produk, pembiayaan BRI Syari’ah, nasabah tabungan, nasabah pembiayaan, karyawan, serta tantangan dan peluang Perbankan Syariah di Denpasar Bali.

Sejarah Singkat Bank Bri Syariah Cabang Denpasar Bali

Perkembangan Bank BRI Syari’ah di Denpasar Bali mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sejak kelahiranya tahun 1895 hingga tahun 2014, BRI Syari’ah telah mendirikan empat cabang diantaranya:

  • Tahun 2002 di dirikan Unit Usaha Syariah PT BRI (Persero Tbk)
  • Tahun 2008 PT BRI Mengakuisi PT Bank Jasa Arta dikonversi Menjadi Bank Syariah BRI
  • Tahun 2009 dilakukan Merger UUS BRI dengan Bank Syariah BRI menjadi Bank BRI Syariah
  • Tahun 2014 Bank BRI Syariah telah memiliki lebih dari 200 Unit Kerja baik Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, Kantor Kas dan Outlet Mikro

sumbe r

Microsoft Word Apk v16.0.8431.2022 for android