2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /     Penentuan Upah Di Berbagai Bentuk Pasar Tenaga Kerja

  Penentuan Upah Di Berbagai Bentuk Pasar Tenaga Kerja

Pembayaran upah tenaga kerja dapat dibedakan pada dua pengertian yaitu gaji da upah. Gaji adalah pembayaran kepada pekerja-pekerja tetap dan tenaga kerja profesional seperti pegawai pemerintah, dosen, guru, manager dll. Biasanya sebulan sekali. Sedangkan upah adalah pembayaran kepada pekerja-pekerja kasar yang pekerjaannya selalu berpindah-pindah seperti pekerja pertanian, tukang kayu, buruh kasar dll. Dalam teori ekonomi, upah diartikan sebagai pembayaran keatas jasa-jasa fisik maupun mental yang disediakan oleh tenaga kerja kepada para pengusaha. Dalam teori ekonomi, kedua jenis pendapatan pekerja tersebut dinamakan upah.

Ada perbedaan upah uang dan upah real. Upah uang adalah sejumlah uang yang diterima para pekerja dari para pengusaha sebagai pembayaran keatas tenaga metal atau fisik para pekerja yang digunakan dalam proses produksi. Sedangkan upah real adalah tingkat upah pekerja yang diukur dari sudut kemampuan upah tersebut membeli barang-barang dan jasa-jasa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan para pekerja. Upah real yang diterima enaga kerja terutama tergantung pada produktifitas dari tenaga kerja tersebut.

Sumber-sumber kenaikan produktivitas :

  1. a)Kemajuan teknologi memproduksi, meliputi :
  2. Pergeseran / pergantian tenaga hewan dan manusia menjadi tenaga mesin
  3. Perbaikan atau inovasi dari mesin kemesin yang lebih produktif
  4. b)Perbaikan sifat-sifat tenaga kerja, meliputi :
  5. Taraf kesehatan semakin tinggi
  6. Pendidikan semakin tinggi
  7. Pengalaman semakin banyak (kursus,workshop dll) sehingga kertrampilan meningkat
  8. c)Perbaikan dalam organisasi perusahaan dan masyarakat, meliputi :
  9. Perubahan manajemen (pemisahanpemilik dengan pengelola)
  10. Perbaikan infrastruktur dari pemerintah
  11. Deregulasi pemerintah yang mendukung produktifitas
  1.  Pasar Tenaga Kerja Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna dalam pasar tenaga kerja berarti didalam pasar terdapat banyak perusahaan yang memerlukan tenaga kerja, dan tenaga kerja yang ada dalam pasar tidak menyatukan diri didalam serikat-serikat buruhyang akan bertindak sebagai wali mereka. Sifat permintaan dan penawaran tenaga kerja tidak berbeda dengan sifat permintaan dan penawaran di pasar barang. Kurva permintaan ke atas tenaga kerja seperti juga kurva permintaan ke atas suatu barang bersifat menurun dari kiri atas ke kanan bawah. Berarti permintaaan keatas teaga kerja bersifat : semakin tinggi/rendah upah tenaga kerja, semain sedikit/banyak permintaan keatas tenaga kerja. Begitupula untuk kurva penawaran berlaku sebaliknya sama seperti penawaran barang.

  1.  Pasar Tenaga Kerja Monopsoni

Monopsoni berarti hanya terdapat satu pembeli dipasar sedangkan penjual jumlahnya banyak. Berarti dipasar hanya terdapat satu firma yang akan menggunakan tenaga kerja yang ditawarkan. Ini terwujud jika disuatu tempat/daerah tertentu terdapata suatu firma yang sangat besar dan ia merupakan satu-satunya perusahaan modern ditempat tersebut

Sumber :

https://balikpapanstore.id/polytron-incar-pangsa-pasar-smartphone/