2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Pengertian Jual Beli
Pengertian Jual Beli

Pengertian Jual Beli

Pengertian Jual Beli

Jual beli menurut bahasa

yaitu tukar menukar sesuatu dengan sesuatu yang lain. Sedangkan menurut istilah, jual beli adalah tukar menukar secara mutlak. Berdasarkan  pengertian  tersebut maka  jual beli adalah  tukar menukar apa saja, baik antara barang dengan barang, barang dengan uang atau uang dengan uang.

      Untuk  lebih jelas tentang pengertian jual beli dapat dilihat dibawah ini:

  1. Menurut Hanafiah sebagaimana dikemukakan oleh Ali Fikri, menyatakan bahwa jual beli memiliki dua arti yaitu arti khusus dan arti umum.

1)     Arti khusus yaitu, Jual beli adalah menukar benda dengan dua mata uang (emas dan perak) dan semacamnya, atau tukar-menukar barang dengan uang atau semacam menurut cara yang khusus.

2)     Arti umum yaitu, Jual beli adalah tukar menukar harta dengan harta menurut cara yang khusus, harta mencakup zat (barang) atau uang.

  1. Menurut syafi’iyah memberikan definisi jual beli sebagai berikut : Jual beli menurut syara’ adalah suatu aqad yang mengandung tukar menukar harta dengan harta dengan syarat yang akan diuraikan nanti untuk memperoleh kepemilikan atas benda atau manfaat untuk waktu selamanya.
  2. Menurut Hanabilah memberikan definisi jual beli sebagai berikut, jual beli menurut syara’ adalah tukar-menukar harta dengan harta tukar menukar manfaat yang mubah dengan manfaat yang mubah untuk waktu selamanya, bukan riba dan bukan hutang.
  3. Menurut Hasbi ash-shiddiqie adalah: Artinya: aqad yang tegak atas dasar pertukaran harta dengan harta, maka jadilah harta penukaran milik secara tetap.

      Dari beberapa definisi di atas dapat dipahami bahwa inti jual beli adalah suatu perjanjian tukar menukar benda atau barang yang mempunyai nilai, secara sukarela diantara kedua belah pihak, yang satu menerima benda-benda dan pihak lain menerima sesuai dengan perjanjian atau ketentuan yang telah dibenarkan syara’.

      Jual beli adalah saling tukar menukar antara benda dengan harta benda atau harta benda dengan uang ataupun saling memberikan sesuatu kepada pihak lain, dengan menerima imbalan terhadap benda tersebut dengan menggunakan transaksi yang didasari saling ridha yang dilakukan secara umum.


Baca Juga :