2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara manusia baik individu maupun  kelompok. Dalam  kehidupan sehari-hari disadari atau tidak komunikasi adalah bagian dari kehidupan manusia itu sendiri. Manusia sejak dilahirkan sudah berkomunikasi dengan lingkungannya.Widjaja (2008: 1)

Menurut Ruslan (2008:83) bahwa:

“Komunikasi merupakan alat yang penting dalam fungsi public relations.”

Publik menaungi dan menghargai suatu kinerja yang baik dalam kegiatan komunikasi secara efektif dan sekaligus kinerja yang baik tersebut untuk menarik perhatian publik serta tujuan penting yang lainnya dari fungsi public relations.

Menurut Suprapto (2011:6) komunikasi adalah:

“Suatu proses interaksi yang mempunyai arti antara sesama manusia.”

Menurut Keith Davis dalam  bukunya “Human  relation at work”adalah :

“Komunikasi adalah  proses jalur  informasi dan pengertian dari seorang ke orang lain”

Berdasarkan kutipan-kutipan di atas, komunikasi dapat disimpulkan merupakan  kegiatan  interaksi yang dilakukan dari satu orang ke orang lain, sehingga akan tercipta persamaan makna dan tercapai satu tujuan.

2.2          Proses Komunikasi

Proses komunikasi menurut Komala (2009: 83)  adalah :

“Proses komunikasi terjadi manakala manusia berinteraksi dalam aktivitas komunikasi, menyampaikan pesan mewujudkan motif komunikasi.”

       Suprapto (2011 : 5) mengutip Joseph A. Devito (1996)

mengemukakan bahwa :

“Komunikasi adalah transaksi, Dengan transaksi dimaksudkan bahwa komunikasi merupakan suatu proses di mana komponen- komponennya saling terkait, dan bahwa para komunikatornya beraksi dan bereaksi sebagai suatu kesatuan dan keseluruhan.”

sumber :