2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli
Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli

Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli

Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli

Kreatif adalah

suatu proses untuk menciptakan sesuatu yang baru tanpa ada contoh sebelumnya, karena meng)rasilkan sesuatu yang bersifat kreatif itu bentuk akhirnya akan mempunyai ciri-ciri kebaruan dan keunikan, meskipun unsur-unsur dasarnya sudah ada sebelumnya. Asep (www.asepfirmanl924 .blogspot.com/2005/12/menuiu-kreativitas-individu-dan.html-44k-):
“Kreatif adalah kemampuan berpikir untuk mencapai produk yang beragam dan baru yang dapat dilaksanakan, baik dalam bidang keilmuan, seni, sastra, maupun bidang lainnya dari bidang-bidang kehidupan yang banyak dimana hasil produk yang baru di sena.ngi masyarakat atau diterima sebagai suatu yang bermanfaat”.
Kreatif merupakan potensi yang terdapat dalam setiap diri individu yang meliputi ide-ide atau gagasan-gagasan yang dapat dipadukan dan dikembangkan sehingga dapat meneiptakan suafiu produk yang bana dan bermanfaat bagi diri dan lingkungannya. Kreatif muncul karena adanya motivasi yang kuat dari diri individu yang bersangkutan.
Menurut Harris (dalam Nursaumi,2003:12) dalam artikelnya yang menyatakan bahwa:
“Kreatif dapat dipandang suatu kemampuan, Sikap dan proses. Kreatif sebagai suatu kemampuan adalah kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru dengan mengkombinasikan, mengubah atau menerapkan kembali ide­ide yang telah ada. Kreatif sebagai sikap adalah kemampuan diri untuk melihat perubahan dan kebaruan, suatu keinginan untuk bermain dengan ide-ide dan kemungkinan-kemungkinan, kefleksibelan pemandangan, sifat menikmati kebaikan, sambil mencari cara-cara untuk memperbaikinya. Sedangkan kreatif sebagai proses adalah suatu keinginan yang terus menerus memperbaiki ide-ide dan solusi-solusi, dengan membuat perubahan yang bertahap dan memperbaiki karya-karya sebelumnya”.
Orang kreatif menggunakan pengetahuan yang kita semua memilikinya dan membuat lompatan untuk memungkinkan mereka memadang segala sesuatu dengan cara-eara yang baru (Deporter dkk,2000:295). Lebih lanjut Deporter (2000:292): “Seseorang yang kreatif selalu mempunyai rasa ingin tahu, ingin meneoba-coba, bertualang, suka berpetualang, soka bermain-main, serta intuitifdan setiap orang bepotensi untuk menjadi orang kreatif ini”.
Melaui pendapat yang di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan kreatif adalah kemampuan yang dimiliki seseorang atau sekelompok orang yang memungkiiilcan utrtuk menemukan terobosan-terobosan baru dalam rnenghadapi dan menyelesaikan masalah dengan cara yang baru atau unik dan mempunyai suatu keinginan untuk terus-menerus memperbaiki ide-ide dan solusi-solusi, dengan membuat penlbahan yang bertahap dan memperbaiki karya-karya sebelumnya.