2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /    PENILAIAN PROSES (EVALUASI FORMATIF)

 PENILAIAN PROSES (EVALUASI FORMATIF)

  1. Tes Lisan

Yaitu tes soal dan jawabannya menggunaakan bahasa lisan. Tingkat berfikir  untuk pertanyaan lisan di kelas yang cenderung rendah seperti pengetahuan dan pemahaman.[9]

  1. PENILAIAN HASIL TES (EVALUASI SUMATIF)

  2. Tes tertulis

Merupakan tes dalam bentuk tulisan, baik soal maupun jawabannya. Dalam menjawab soal siswa tidak harus selalu merespon dalam bentuk menulis kalimat jawaban, tetapi dapat juga dalam bentuk mewarnai, memberi tanda dan sebagainya. Tujuan Penggunaan Tes

ü Mendiagnosa siswa (kekuatan dan kelemahan).

ü Menilai kemampuan siswa (keterampilan dan pengetahuan atau pemahaman).

ü Memberikan bukti atas kemampuanyang telah dicapai.

ü Menyeleksi kemampuan siswa baik secara individu atau kelompok.

ü Monitoring standar pendidikan.[10]

  1. Uraian

Menuntut peserta tes untuk menguraikan, mengorganisasian dan menyatakan jawaban denga bahasanya sendiri.[11]

  1. Uraian terbatas

Adalah peserta tes diberi kebebasan untuk menjawab soal, namun arah jawabannya dibatasi oleh berbagai rambu-rambu yang ditentukan, sehingga kebebasan tersebut menjadi bebas dan terarah.[12]

  1. Obejektif

Peserta didik tidak diberi kebebasan menentukan jawaban, tetapi tinggal memilih jawaban yang disediakan.[13]

  1. Pilihan ganda

Suatu butir soal yang alternatif jawabannya lebih dari dua. Pada umumnya jumlah alternatif  jawaban berkisar antara empat atau lima.[14]

sumber :
https://robinschone.com/seva-mobil-bekas/