2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Peran Sumber Daya Manusia dalam Revolusi Industri

Peran Sumber Daya Manusia dalam Revolusi Industri 4.0

Dalam pengembangan industri 4.0 perlu dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik. Sebab meskipun banyak yang sudah menggunakan robot dalam industri, perlu juga tenaga manusia. Karena antara industri 4.0 dengan SDM sangat erat sekali kaitannya. Sebagai contohnya, dengan adanya pekerja manusia, maka masyarakat akan memiliki penghasilan dan bisa meningkatkan angka Konsumsi. juga penting agar masyarakat bisa mendapatkan pekerjaan dan bisa menjadi konsumen.

Peranan manusia, peranan pekerja, peranan inovatif tetap menjadi inti dari revolusi industri 4.0. Karena apabila tidak ada pekerja siapa yang berpenghasilan, apabila tidak ada yang berpenghasilan siapa yang membeli barang yang dihasilkan oleh robot. Contohnya, pada industri pertanian yang tentunya masih diperlukan tenaga manusia. Sebab industri ini, meskipun bisa menggunakan robot, namun tenaga manusia masih dibutuhkan.

Banyak negara-negara melakukan perubahan Cina dan Singapura misalnya menggunakan teknologi untuk melakukan perubahan dan juga Mengembangkan riset namun tetap manusia yang melakukan perubahan dan mengembangkan riset tersebut

Meski teknologi akan menyebabkan beberapa pekerjaan hilang, teknologi juga dapat mendorong munculnya berbagai bidang baru yang mungkin belum terbayangkan saat ini. Bahkan teknologi telah menciptakan lebih banyak pekerjaan baru daripada yang hilang. Sebagai contoh, komputer telah menggantikan peran mesin ketik.

Namun komputer telah pula menciptakan permintaan terkait pekerjaan yang berbasis komputer, seperti pengembangan dan pemrograman komputer. Potensi penciptaan lapangan pekerjaan baru akan selalu ada, namun karena belum terbayang dan belum dapat diketahui saat ini, perubahan cenderung ditolak dan mengakibatkan kekhawatiran di antara pekerja

Sumber :

https://kaosfullprint.co.id/sharp-perkenalkan-ponsel-sharp-r1-untuk-milenial/