2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Perencanaan Dalam Perekonomian Campuran
Perencanaan Dalam Perekonomian Campuran

Perencanaan Dalam Perekonomian Campuran

Perencanaan Dalam Perekonomian Campuran

Perekonomian campuran bercirikan adanya suatu lingkungan kelembagaan dimana sebagian dari sumberdaya produktif dan dikelola oleh pihak swasta, sedangkan sebagian oleh pemerintah. Tidak seperti perekonomian kapitalis yang biasanya pemilikan pemerintah hanya kecil sekali, maka perekonomian campuran dibedakan oleh adanya pengaruh pemerintah yang sangat besar.

Dua aspek utama dari Perencanaan Perekonomian Campuran:

  1. Penggunaan tabungan masyarakat dan pembayaran dari luar negri dilakukan secara sengaja oleh pemerintah untuk melaksanakan investasi-investasi pada proyek pemerintahdan memobilisir serta menyalurkan sumberdaya yang langka ke bidang yang bisa diharapkan memberi sumbangan ke arah kemajuan ekonomi dalam jangka panjang.
  2. Kebijaksanaan pemerintah untuk mempermudah, bahkan mengendalikan keadaan ekonomi swasta untuk menjamin suatu hubungan yang serasi antara pengusaha swasta dengan pemerintah pusat.

Sifat kompromi dari keadaan tersebut yaitu antara rangsangan kapitalis dan pengendalian sosialis tampak jelas dari karakteristik perencanaan dan perekonomian campuran.

  1. Elemen Perencanaan

Adapun elemen nya yaitu

  1. Merencanakan berarti memilih:

–     Memilih berbagai alternatif tujuan agar tercapai kondisi yang lebih baik.

–     Memilih cara/kegiatan untuk mencapai tujuan/sasaran dari kegiatan tersebut.

  1. Perencanaan sebagai alat untuk mengalokasikan sumber daya: SDA, SDM, Modal.

–     Sumber daya terbatas sehingga perlu dilakukan pengalokasian sumber daya sebaik mungkin.

–     Konsekuensi: pengumpulan dan analisis data dan informasi mengenai ketersediaan sumber daya yang ada menjadi sangat penting.

  1. Perencanaan sebagai alat untuk mencapai tujuan/sasaran Beberapa masalah yang dihadapi dalam pembuatan tujuan antara lain:

sumber :

Zombie Smashball 1.6 Apk + Mod (Unlimited Money)