2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /     Perencanaan Ekonomi di Indonesia
  Perencanaan Ekonomi di Indonesia

  Perencanaan Ekonomi di Indonesia

Perencanaan Ekonomi adalah upaya pemerintah secara sengaja untuk  mengkoordinir pengambilan keputusan ekonom dalam jangka panjang serta mempengaruhi, mengatur dan dalam beberapa hal mengontrol tingkat dan laju pertumbuhan berbagai variable ekonomi yang utama untuk mencapai tujuan pembangunan yang tela ditentukan sebelumnya.

  Perencanaan Ekonomi di Indonesia

Perencanaan Pembangunan ekonomi di Indonesia sejarah perencanaan pembangunan di Indonesia sejak tahun 1945 hingga kinimengalami berbagai perkembangan sejalan dengan tingkat stabilitas politik dankeamanan. Artinya faktor-faktor sosial politik ekonomi, perhitungan akurat yangtidak ambisius, pengawasan yang kontinyu, pelaksanaan koordinasi dan singkronisasiyang baik, serta pembiayaan yang memada, merupakan hal yang sangatmempengaruhi keberhasilan pembangunan suatu negara.

            Salah satu kendala pada awal kemerdekaan adalah keterbatasan data,sehingga pemerintah belum menyusun perencanaan yang baik. Namun pemerntahIndonesia terus berupaya memperbaiki perekonomian yang berantakan akibat peperangan, pemberontakan dan reformasi perpolitikan di Indonesia. Usaha-usahatersebut mulai tercermin mulai dari pembentukan Panitia Pemikiran Siasat Ekonomisampai disusunnya Program Pembangunan Nasional (Propenas) diantaranya:

  1. Perencanaan Mengatur Ekonomi Indonesia

Program yang direncanakan dalam Pencanaan Mengatur Ekonomi Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat merata melalui:

  1. Mengintensifkan usaha produksi
  2. Memajukan perdagangan internasional
  3. Meningkatkan standar hidup masyarakat
  4. Meningkatkan kecerdasan bangsa

Perogram-program yang telah direncanakan tersebut akan dicapai melaluikegiatan-kegiatan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan impor barang-barang sandang, alat-alat transportasi dan perhubungan, barang-barang modal, barang-barang keperluan lainnya.
  2. Meningkatkan ekspor yang diprioritaskan pada hasil perkebunan, kehutanan,minyak dan logam
  3. Memperbaiki organisasi ke dalam melalui:
  4. Penetapan upah minimum
  5. Perbaikan perumahan rakyat
  6. Transmigrasi
  7. Peningkatan pembangunan jalan kereta api baru, bendungan, tenaga        listrik dan pelabuhan
  8. Industrilisasi

Seperti diantaranya tambang dan minyak tanah, industri pertanian, pertanian dan perikanan, penanaman  hutan serta pelayaran dan perhubungan antar pulau.

sumber :

Lost in the Dungeon 4.8 Apk + Mod Unlimited Money