2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   PERKEMBANGAN EKONOMI KOTA CIREBON

PERKEMBANGAN EKONOMI KOTA CIREBON

          Kota cirebon adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.Kota ini berada di pesisir utara jawa/ yang di kenal dengan jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya.Cirebon dikenal dengan kota Udang dan kota Wali.

            Perkembangan ekonomi kota cirebon di pengaruhi oleh letak geografis yang strategis dan karakteristik Sumber Daya Alam, sehingga struktur perekonomiannya di dominasi oleh sektor industri pengelolaan, sektor perdagangan, hotel dan restoran, sektor pengangkutan dan komunikasi serta sektor jasa.

            Perkembangan ekonomi di kota Cirebon di indikasikan melambat pada Triwulan III/2013, itu dilihat dari penurunan konsumsi rumah tangga, investasi dan kinerja ekspor-impor.Pelemahan ekonomi wilayah Cirebon juga mendorong indeks penghasilan konsumen turun dan menyebabkan konsumsi rumah tangga turun.

            Kabid industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon Supardi menyatakan melambatnya pertumbuhan industri sepanjang 2013 lalu dipengaruhi kondisi ekonomi dunia yang lesu.Pasar dan toko-toko di cirebon perlahan mengalami perubahan dari segi ekonominya, seperti buka-tutup usaha. Ini merupakan dinamika ekonomi yang terlihat, adanya ketidakseimbangan dalam persaingan usaha.Ada kekhawatiran akan adanya monopoli usaha yang dimainkan oleh pengusaha pasar untuk menguasai pasar di Cirebon.Perbankan di Cirebon juga dalam masalah besar, jika aktivitas pinjam-meminjam dana/bantuan pembangunan tanpa diselingi dengan pemasukan dari nasabahnya.Itu akan membuat penurunan pemasukan dari tempat peminjaman tersebut.

            Dan pada saat itu sektor yang mengalami pertumbuhan terlihat pada realisasi. Belanja barang dan jasa serta belanja modal pemerintah karena adanya percepatan realisasi berbagai proyek. Sampai 2014 sekarang ini perkembangan ekonomi sektor perdagangan meningkat dengan  menjamurnya pusat perbelanjaan yang menggeser pasar-pasar tradisional, seperti matinya pasar Balong, Ramayanan Toserba Hero yang tutup karena sepinya pengunjung disinyalir disaingi oleh Grage Mall dan Mall-mall besar lainnya yang ada di kota cirebon ini yang lebih Trend.

            Kota Cirebon meskipun telah menjadi kota yang memfokuskan  pengembangan perekonomian di sektor perdagangan dan jasa, namun pengembangan sektor pertanian masih dilakukan. Hal ini karena beberapa wilayah di Kota Cirebon masih dimungkinkan untuk dikembangkannya sektor pertanian, disamping itu pula untuk meningkatkan pendapatan petani.Jeni-jenis usaha pertanian yang dilakukan di Kota Cirebon, terdiri dari pertanian tanaman pangan, tanaman sayur-sayuran, dan tanaman buah-buahan, serta usaha perternakan, mulai dari sapi perah sampai itik.

            Sarannya untuk Kota Cirebon, alangkah baiknya untuk memperbaiki sarana dan prasarana pendukung kemajuan ekonomi adalah syarat mutlak dalam membangun suatu daerah ,bagi sektor-sektor yang sudah baik untuk lebih meningkatkan kinerjanya yang lebih baik lagi agar tetap mengalami kemajuan untuk kota cirebon ini dan  sarana hiburan juga harus dibenahi untuk meningkatkan pendapatan daerah serta jangan lupa untuk terus mempromosikan berdirinya kota cirebon ini.

sumber :

Seva.id Luncurkan Mobil Bekas Terbaru Lewat Pilihan Expert