SAIK 2018 Siapkan Humas Pemerintah Hadapi Tantangan Global

SAIK 2018 Siapkan Humas Pemerintah Hadapi Tantangan Global

SAIK 2018 Siapkan Humas Pemerintah Hadapi Tantangan Global

SAIK 2018 Siapkan Humas Pemerintah Hadapi Tantangan Global
SAIK 2018 Siapkan Humas Pemerintah Hadapi Tantangan Global

TANGERANG-Humas pemerintah yang memiliki posisi strategis dapat selalu meng-upgrade keahliannya, terlebih dalam menghadapi revolusi industri 4.0 ini, humas pemerintah harus mampu menguasai teknologi dan new media.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti saat membuka acara SAIK (Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik) 2018 di Grand Ballroon Novotel Tangerang, Senin (3/12).

Menurut Rosarita, acara SAIK 2018 ini memiliki tujuan untuk memperkuat jaringan kemitraan dengan Humas Kementerian/LPNK/Pemerintah Daerah, Dinas Kominfo Provinsi/Kabupaten/Kota, Humas Badan Usaha Milik Negara, Humas Perguruan Tinggi Negeri dan Komunitas Media Tradisional.

“Sehingga jaringan kemitraan antar Humas Pusat, Daerah, BUMN,

maupun Perguruan Tinggi Negeri dapat semakin bersinergi,” ungkapnya.

Selain itu, diharapkan juga terjadi peningkatan kompetensi dan kapasitas humas pemerintah untuk menjawab tantangan global agar semakin kreatif dan inovatif dalam memberikan pelayanan informasi dan komunikasi publik di era digital.

Penyebaran informasi tidak hanya menjadi tanggung jawab Humas, namun bisa juga dilakukan oleh masyarakat melalui perantara pertunjukan rakyat. Oleh karena itu, diharapkan dengan diselenggarakannya SAIK 2018 dapat menumbuhkembangkan kemampuan, inovasi dan kreativitas kelompok pertunjukkan rakyat sebagai media hiburan dan jaringan diseminasi informasi serta memelihara dan mempertahankan nilai-nilai budaya bangsa.

“Diharapkan pertunjukan rakyat tidak hanya menjadi sarana hiburan masyarakat saja,

namun juga bisa menjadi jaringan diseminasi informasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Konsep kegiatan SAIK 2018, terdiri dari main event dan side event yaitu:
1. Public Expose and Public Service Exhibitions yang diikuti oleh peserta dari Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, BUMN, PTN dan Pemerintah Daerah. Eksebisi ini dibagi menjadi 4 (empat) zona, terdiri dari Zona Perekonomian dan Kemaritiman, Zona Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Zona Polhukam, dan Zona Pelayanan Publik. Dalam kegiatan ini instansi dapat menginformasikan mengenai capaian kinerja instansinya dan memberikan pelayanan publik yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat;

2. Festival Media Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional 2018 dengan peserta dari perwakilan 11 provinsi di Indonesia;

3. Forum Pertemuan Bakohumas Tingkat Nasional dengan peserta 90 Kementerian

/LPNK, 45 BUMN/D, 60 PTN serta Dinas Komunikasi dan Informatika serta Humas Setda Pemerintah Daerah dari 34 Provinsi, 514 Kota dan Kabupaten;

4. Anugerah Media Humas (AMH) 2018 dengan peserta sebanyak 158 instansi, terdiri dari 67 instansi pusat dan 91 instansi pemerintah daerah; serta

5. Side event senam sehat bersama komunitas penyandang difabel untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember 2018 dengan peserta komunitas difabel dan masyarakat Kota Tangerang.

 

Sumber :

https://blog.dcc.ac.id/struktur-kulit-sebagai-organ-ekskresi/