2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   SEJARAH KOMUNIKASI
SEJARAH KOMUNIKASI

SEJARAH KOMUNIKASI

SEJARAH KOMUNIKASI

Jika pada ulasan sebelumnya sudah kami berikan uraian mengenai definisi komunikasi secara lengkap, serta jelas, unsur yang harus ada di dalam komunikasi juga tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Selain itu, terkait dengan sejarahnya, Anda juga harus memahaminya.

Komunikasi atau communication merupakan kata yang berasal dari bahasa Latin communis yang berarti ‘sama’. Communico, communicatio atau communicare memiliki arti membuat sama (make to common).

Dalam pengertian yang sederhana, definisi dari komunikasi ini dapat terjadi ketika terdapat kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Oleh sebab itu, definisi komunikasi akan sangat bergabntung pada kemampuan kita untuk bisa memahami antara satu dengan yang lainnya (communication depends on our ability to understand one another).

Awal mullanya

definisi komunikasi ini kerap digunakan untuk menyampaikan kebutuhan yang memiliki sifat organis. Sebuah hubungan yang memiliki sinyal-sinyal kimiawi di setiap organisme awal untuk reproduksi. Akan tetapi, sejalan dengan evolusi kehidupan, akhirnya sinyal-sinyal kimiawi yang terbilang primitif dalam proses komunikasi akhirnya mengalami evolusi serta membuka peluang terjadinya perilaku yang semakin rumit.

Manusia melakukan kegiatan komunikasi untuk membagikan pengetahuan serta pengalamannya. Berbicara, bahasa sinyal, tulisan, penyiaran, serta gerakan merupakan bentuk umum dari komunikasi itu sendiri. definisi dari komunikais ini juga bisa berupa interaktif, komunikasi yang memiliki tujuan, komuniksi transaktif, atau komunikasi yang memang tidak memiliki tujuan.

Melalui kegiatan komunikasi, sikap serta perasaan seseorang atau sekelompok orang bisa dipahami oleh pihak lain yang terlibat dalam proses komunikasi itu sendiri. Meskipun demikian, definisi komunikasi hanya akan berlangsung efektif jika terdapat pesan yang memang akan disampaikan serta bisa diartikan sama oleh sang penerima pesan tersebut.

Meskipun definisi dari komunikasi ini sudah dipelajari oleh banyak orang serta sudah dipelajari sejak lama dan termasuk juga “barang antik”. Pembahasan terkait hal ini akhirnya menjadi pembahasan yang bisa dibilang pemting, terlebih ketika memasuki abad ke 20. Pasalnya, pertumbuhan komiunikasi akan digambarkan sebagai bagian “penemuan yang revolusioner”.

Mengingat, pada sat itu, terdapat peningkatan teknologi komunikasi yang pesat. Pada waktu itu muncul beberapa media komunikasi seperti Televisi, satelit, telepon dan juga jaringan komputer seiring dengan adanya industrialisasi dalam bidang usaha yang besar, serta politik yang semakin mendunia.

Dalam tingkat akademi, bisa saja definisi komunikasi ini memiliki departemen tersendiri, dimana komunikasi sudah dibagi menjadi beberapa sub seperti komunikasi masa, komunikasi untuk pembawa acara, humas serta lainnya. Meskipun demikian subyeknya tetap sama dan tetap. Pekerjaan yang terkait dengan komunikasi juga menjadi cerminan dari beragamnya definisi komunikasi tersebut.


Sumber: https://www.reporte247.net/white-night-apk/