Sejarah Singkat Perkembangan Tekonologi

Sejarah Singkat Perkembangan Tekonologi

Sejarah Singkat Perkembangan Tekonologi

Sejarah Singkat Perkembangan Tekonologi
Sejarah Singkat Perkembangan Tekonologi

Sejarah perkembangan dari beberapa periode dapat menggambarkan betapa dinamisnya kehidupan manusia terutama jika melihat aspek teknologi komunikasi. Manusia sebagai mahluk sosial yang memiliki akal tentunya lebih unggul dibandingkan dengan mahluk Tuhan lainnya, sehingga memiliki cara yang pintar untuk saling memahami satu sama lain.

Sejarah perkembangan komunikasi terus mengalami perubahan di setiap masa

mulai dari zaman prasejarah hingga era modern seperti saat ini.  Teknologi komunikasi di dunia saat ini telah maju pesat. Jika dahulu pada abad ke-17 atau ke-18 nenek moyang kita masih menggunakan media pos atau surat menyurat secara fisik, namun perkembangan pada abad ke-20 hingga kini kita sudah dapat menikmati komunikasi yang dilengkapi dengan teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Pada awal abad ke-20 muncul alat komunikasi seperti telepon rumah, radio, fax, dan beberapa alat komunikasi yang lebih modern lainnya

Seiring dengan perkembangan jaman, beberapa alat komunikasi terus mengalami perkembangan pula. Peralatan telepon statis sekarang mulai banyak ditinggalkan, karena sudah banyak orang yang beralih ke telepon genggam atau yang biasa disebut handphone.

Dengan diiringi perkembangan teknologi informasi, teknologi komunikasi juga berkembang secara pesat. Muncullah istilah seperti teknologi komunikasi cyber yang memungkinkan kita dapat menggunakan teknologi komunikasi baru lagi.

Sebagai ilustrasi atau contoh teknologi komunikasi di era digital saat ini yang menggunakan teknologi cyber atau internet adalah e-mail, chatting, dan lain sebagainya. Teknologi Komunikasi yang seperti itulah yang sekarang digunakan di mana-mana.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Internet Positif di Google Chrome – Perpaduan antara teknologi computer dan teknologi komunikasi sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi atau diistilahkan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia saat ini semakin berkembang

Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Dalam perekonomian suatu negara, teknologi informasi mulai dirasa mempunyai peran yang penting dalam perekonomian suatu negara karena dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, perekonomian suatu negara dapat memperlihatkan pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan.

Pada jaman modern sekarang ini dimana komunikasi antar manusia tidak lagi mempermasalahkan jarak dan waktu untuk melakukan hubungan yang produktif dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi. Hubungan antar individu maupun kelompok manusia yang melakukan transaksi baik perdagangan maupun keuangan telah banyak menggunakan berbagai aplikasi untuk memfasilitasinya.

Hambatan yang berupa jarak, waktu, dan jumlah kegiatan transaksi dapat dieliminir/dihapuskan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi tentu tidak dapat dihindari, sikap kita didalam menghadapi kemajuan teknologi komunikasi dan informasi di era globalisasi ini tentunya harus dapat diterima kenyataannya bahwa komunikasi dan informasi dunia bijak dan konsisten mengikuti perkembangan dari segi kemanfaatan dan positifnya, serta perlu mewaspadai dampak negatifnya.

Setiap inovasi yang diciptakan dapat memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia seperti banyaknya teknologi dan metode baru serta kemudahan dalam memperlancar aktifitas manusia. Namun perkembangan teknologi komunikasi baik yang berkaitan dengan aspek sosial kemasyarakatan maupun aspek ekonomi/keuangan tentunya memiliki sisi negatif, dimana banyak penyalahgunaan teknologi.

Dampak negatif tersebut bisa berupa ketergantungan terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Seperti kecanduan terhadap games, terutama games online yang menimbulkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresitas, sehingga dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani pecandu tersebut.

Akibat yang merugikan lainnya berupa penipuan, hal tersebut memang sepertinya merajalela di bidang apapun, baik sosial, maupun keuangan. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Metode atau cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal negatif tersebut atau mengkonfirmasi terhadap informasi yang didapatkan dari penyedia informasi tersebut.