2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Sekilas Tentang Paleoantropologi
Sekilas Tentang Paleoantropologi

Sekilas Tentang Paleoantropologi

Sekilas Tentang Paleoantropologi

Arti Paleoantropologi

yaitu suatu ilmu bagian dari antropologi yang meneliti tentang evolusi manusia. Hal ini dilakukan dengan cara meneliti fosil-fosil manusia dari zaman dahulu yang tersimpan dalam lapisan bumi
Hubungan Antara Ilmu paleantropologi dan antropologi
Ilmu paleontologi yang meneliti fosil makhluk purbakala sangat berkaitan erat dengan sub-ilmu paleoantropologi dan prehistori untuk membuat rekontruksi tentang proses evolusi makhluk purbakala.
Richard Leakey
Richard Erskine Frere Leakey, anak kedua dari Louis dan Mary, lahir pada tanggal 19 Desember 1944. Dia berpartisipasi dalam ekspedisi lapangan orangtuanya sejak usia dini dan karena itu baik ditempatkan untuk mewarisi warisan mereka. Upaya dengan paleoantropologi terlibat tidak hanya penelitian lapangan dan penemuan tetapi juga bertahun-tahun menjabat sebagai direktur Museum Nasional Kenya (NMK). Kerja di Koobi Fora dimulai setelah pendaratan kesempatan di daerah tersebut dipimpin Richard untuk percaya bahwa daerah tersebut diadakan kekayaan fosil.
Bersama dengan tim dari NMK, Richard memimpin ekspedisi pertama yang Koobi Fora pada tahun 1968. Antara 1968 dan 1989 ia mengkoordinasikan ekspedisi lapangan NMK ke pantai timur dan barat Danau Turkana. Dengan tim pemburu fosil berbakat dan berpengalaman dipimpin oleh Mr Kamoya Kimeu, temuan penting yang dibuat, termasuk alat-alat zaman batu awal terjadi sekitar 1,9 juta tahun, bukti anggota awal dari genus Homo, termasuk tengkorak Homo habilis dan Homo erectus, dan sisa-sisa kuat australopithecus A. boisei dan A.aethiopicus. Penemuan yang luar biasa dari kerangka 1,6 juta tahun yang hampir lengkap lama dari “Boy Nariokotome” (atau “Turkana Boy”), seorang pemuda Homo erectus, tidak diragukan lagi yang paling penting.Setelah Dr Leakey diangkat kepala Kenya Wildlife Layanan KWS pada tahun 1989, ia tidak lagi dapat melanjutkan dengan penelitian lapangan, meskipun ia tetap tertarik paleoantropologi. Sebagai kepala dari KWS, Richard berhasil memerangi perburuan gajah dan badak dan mengawasi reorganisasi sistem taman bermasalah Kenya nasional.
Pada tahun 1993, ia kehilangan kedua kaki di bawah lutut ketika pesawat terbang ia jatuh. Tahun berikutnya, oposisi politik menyebabkan dia meninggalkan KWS dan ia menjadi lebih terlibat dalam politik Kenya, menjabat sebagai Sekretaris Jenderal partai oposisi Kenya Safina. Pada bulan Desember 1997, ia terpilih untuk kursi oposisi di parlemen Kenya.Karir politik Dr Leakey memuncak pada tahun 1999 Ketika kemudian Presiden Moi menunjuknya Kepala Dinas Sipil Kenya dan sebuah “Dream Team” yang disebut teknokrat dirakit dari berbagai bidang dan latar belakang untuk menangani manajemen, korupsi, dan masalah reorganisasi dalam Kenya pemerintah.
Dia mengundurkan diri dari posisi ini pada tahun 2001, mengumumkan pada saat itu bahwa ia pensiun dari politik.Meskipun mengalami jalan buntu politik, intimidasi dan kekerasan fisik, dia terus berjuang untuk keadilan politik di Kenya. Dr Richard Leakey terus kuliah pada tema lingkungan dan saat ini terlibat dalam proyek-proyek konservasi akar rumput satwa liar. Dalam waktu luangnya ia menikmati anggur tumbuh dan memproduksi anggur di ladangnya di dekat Nairobi.
Buku “The Origin Of Human Kind
Dalam buku ini Richard Leakey, salah seorang ilmuwan garda depan paleoantrolopologi, memaparkan pencapaian ilmu pengetahuan mengenai asal-usul manusia. Menurut ia, ada empat tahap kunci evolusi manusia yang menjawab pertanyaan: Apa yang menjadikan manusia manusiawi.
Diskusi evolusi penggerak bipedal sangat menarik. Juga, catatan, Leakey menjelaskan penjelasan hipotesis untuk pertumbuhan lambat dan perkembangan anak-anak manusia dibandingkan dengan rekan-rekan primata mereka. Saya kira lebih dari penjelasan untuk mekanisme evolusi pertumbuhan manusia dan pola pembangunan, ia melakukan pekerjaan yang baik dalam menggambarkan bagaimana pertumbuhan yang lambat tersebut dan perkembangan anak-anak manusia memberikan kelangsungan hidup dan keunggulan inovasi lebih spesies lain. Buku yang sangat menarik, namun banyak dari apa Leakey menguraikan tentang tidak didasarkan pada bukti kuat .Banyak penjelasan yang diberikan didasarkan pada dugaan logis. Ini sama sekali tidak akan mengurangi sifat pemikiran memprovokasi buku.
Pertama, kemunculan manusia pertama, sosok kera bipedal, antara tujuh dan lima juta tahun yang lalu. Kedua, manusia-manusia itu menyebar bersama dengan kemampuan adaptasi diri mereka (adaptive radiation). Ketiga, antara tiga dan dua juta tahun silam, salah satu spesies manusia mempunyai kapasitas otak lebih besar daripada manusia lain. Inilah awal kemunculan genus Homo, cabang pohon silsilah manusia. Keempat, muasal manusia modern, Homo sapiens, manusia seperti kita, yang mempunyai keprigelan teknologi, imajinasi artistik, bahasa, dan akal-budi.

Topik lain yang penting adalah bagaimana dia membahas bukti fosil telah memaksa modifikasi dalam konsepsi pohon evolusi kita. Karena saya lalu membaca di subjek, pohon itu telah menjadi jauh kurang linier dan jauh lebih “lebat.” Gagasan lain yang suci dan tradisional yang harus ditinggalkan adalah teori Darwin sendiri dari manusia primitif menjadi “istimewa” dan sangat berkembang bahkan dari awal. Sebagai catatan fosil telah menunjukkan, evolusi kita jauh lebih bertahap, dengan homonids menengah banyak dikenal untuk kedua H. sapiens dan Neanderthal, seperti Sima de los Huesos dan Petrolonas menemukan, yang menunjukkan bahwa ada primitif, kuno Neanderthal di Eropa yang akhirnya berkembang menjadi jenis yang lebih modern seperti yang ditemukan di Steinheim dan Arago. Untuk pra-Homonids kita sekarang memiliki Australopithecus afarensis, A. africanus, A. aethiopicus, A. robustus, dan Australopithecus boiseii, serta mungkin dua atau berbeda jenis H. habilis, dan sebagainya. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ini telah memberikan dukungan kuat bagi sebuah pohon “bushier” keluarga asal usul manusia.


Sumber: https://civitas.uns.ac.id/kasiono/seva-mobil-bekas/