Blog Details

Home   /   Silabus Komunikasi Bisnis
Silabus Komunikasi Bisnis

Silabus Komunikasi Bisnis

Silabus Komunikasi Bisnis
Silabus Komunikasi Bisnis

DESKRIPSI MATA KULIAH :

Komunikasi dalam bisnis adalah salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Dalam komunikasi seringkali muncul kesalahpahaman baik dalam mengembangkan pesan, menyampaian pesan, dalam menerima pesan, maupun dalam menafsirkan suatu pesan. Kesalahpahaman dalam berkomunikasi dapat diatasi antara lain dengan cara memperhatikan persepsi lawan bicara, ketepatan penyampaiannya, kredibilitas pengirim pesan, dan kemampuan mengendalikan pesan. Kesalahpahaman dalam berkomunikasi harus diusahakan untuk tidak terjadi ketika kita sedang melakukannya untuk tujuan bisnis, karena hal tersebut akan mempengaruhi berhasil tidaknya misi yang sedang kita jalankan.

KOMPETENSI MAHASISWA

Setelah melakukan pembelajaran Komunikasi Bisnis, maka mahasiswa diharapkan:

  1. Mampu memahami dan menyadari arti pentingnya efektivitas dalam berkomunikasi.
  2. Memiliki kompetensi dalam komunikasi antarpersona, yang merupakan kunci keberhasilan yang berkesinambungan dalam dunia bisnis.

MATERI PERKULIAHAN

Pertemuan ke- Materi Sumber
1 Penjelasan silabus perkuliahan dan penyampaian materi pengantar komunikasi dalam organisasi – Manajemen, T. Hani Handoko, BPFE,Yogyakarta

– Sumber lain yang relevan

2 Perencanaan Pesan-Pesan Bisnis – Curtis,B.,Dan, James J. Floyd and Jerry L. Winsor.,Bandung,(2002), Komunikasi Bisnis dan Profesional, Rosdakarya.

– Komunikasi Bisnis, Djoko Purwanto, Erlangga, Jakarta

3 Komunikasi Non-Verbal

Diskusi Kelompok

– Artikel-artikel dan sumber lain yang relevan.
4 Perencanaan Presentasi Bisnis (bagian 1)

Simulasi presentasi

– Winning Presentation in A day,Rhonda Abrams.

– Sumber lain yang relevan

5 Perencanaan Presentasi Bisnis (bagian 2)

Simulasi presentasi

– Winning Presentation in A day,Rhonda Abrams.

– Sumber lain yang relevan

6 Teknik Persuasi dan Negosiasi (bagian 1) – Artikel-artikel dan sumber-sumber yang relevan dengan materi
7 Teknik Persuasi dan Negosiasi (bagian 2)

Diskusi Kelompok

– Artikel-artikel dan sumber-sumber yang relevan dengan materi
8 UJIAN MID SEMESTER
9 Proses Seleksi Karyawan (1) – Artikel-artikel dan sumber-sumber yang relevan dengan materi
10 Proses Seleksi Karyawan (2) – Artikel-artikel dan sumber-sumber yang relevan dengan materi
11 Teknik Wawancara – Artikel-artikel dan sumber-sumber yang relevan dengan materi
12 Penulisan Laporan Bisnis

Tugas

– Komunikasi Bisnis, Djoko Purwanto, Erlangga, Jakarta

– Sumber lain yang relevan

13 Penulisan Laporan Formal dan Informal

Tugas

– Komunikasi Bisnis, Djoko Purwanto, Erlangga, Jakarta

– Sumber lain yang relevan

14 Penulisan Pesan-Pesan Persuasif, Bad newsdan Good news

Tugas

Artikel dan sumber lain yang relevan.
15 Komunikasi dalam Tim Kerja Artikel dan sumber lain yang relevan
16 Ujian Akhir Semester

 

Sumber : https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/seva-mobil-bekas/