Sosialisasi di KCD XIII, Sukseskan PPDB 2018

Sosialisasi di KCD XIII, Sukseskan PPDB 2018

Sosialisasi di KCD XIII, Sukseskan PPDB 2018

 

Sosialisasi di KCD XIII, Sukseskan PPDB 2018

Proses pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru

Proses pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) hari ke dua di wilayah Ciamis, Banjar dan Pangandaran berjalan tertib. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah XIII, Muhamad Suryasa. Menurutnya, walaupun terjadi kepadatan di beberapa sekolah, secara keseluruhan pelaksanaan PPDB di willayah XII berjalan lancar.

Tahun sekarang, lancar

Tidak ada yang bermasalah. Kalau ada masalah pun dapat terselesaikan dengan baik langsung di satuan pendidikan,” ujar Suryasa saat ditemui di SMA Negeri 1 Ciamis, Jalan Sukamulya No. 38, Ciamis, Jawa Barat pada Jumat, 6 Juli 2018.

Salah satu faktor yang melatarbelakangi lancarnya PPDB di wilayah XIII adalah sosialisasi mengenai PPDB yang dilakukan secara masif sebelum pelaksanaan PPDB tersebut. Sosialisasi PPDB berupa penjelasan alur, jalur-jalur, mekanisme pendaftaran, teknis pendaftaran, hingga persyaratan yang harus dibawa calon peserta didik saat mendaftar.

Setiap KCD memberikan sosialisasi kepada kepala sekolah SMA/SMK/SLB

kepala sekolah SMP dan orang tua siswa di SMP yang akan mendaftarkan anaknya ke SMA. Teknis dan pelaksanaan sudah disosialisasikan. Orang tua pun paham. Kalau tidak paham, orang tua bisa mencari informasi dari sekolah,” ujar Suryasa.

Menurutnya sosialisasi sebelum pendaftaran sangat penting. Sosialisasi penting diberikan tidak hanya kepada masyarakat, akan tetapi unsur lain yang terlibat dalam PPDB. Selain itu, pelaksanaan PPDB berjalan aman karena adanya sikap saling pengertian antara masayrakat dengan sekolah.

“Yang paling penting ada sosialisasi di awal pelaksanakan sebelum PPDB dimulai. Sosialisasi dilakukan tidak hanya di SMP akan tetapi hingga MTs,” ujar Suryasa.

Salah satu pelaksanaan PPDB yang kondusif yaitu pelaksanaan PPDB di SMA Negeri 1 Ciamis

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Ciamis, Wawan Haryawan menyampaikan, pelaksanaan PPDB hari pertama dan kedua berjalan lancar walaupun sempat terjadi kepadatan pendaftar.

“Kegiatan PPDB ini berjalan dengan lancar, pada tahap kesatu sudah ada 360 calon peserta didik yang mendaftarkan diri. Hari kedua sudah ada 165 orang calon peserta didik yang terdaftar, dan ada sekitar 250 calon peserta didik yang belum di entry datanya,” ucap Wawan.

 

Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/