Tinjauan Tentang Persepsi Menurut Para Ahli

Tinjauan Tentang Persepsi Menurut Para Ahli

Tinjauan Tentang Persepsi Menurut Para Ahli

Tinjauan Tentang Persepsi Menurut Para Ahli
Tinjauan Tentang Persepsi Menurut Para Ahli

Sahabat, setelah beberapa lama berhenti posting, pada kesempatan kali ini saya sangat bersyukur kembali diberi hidayah hingga sehingga bisa kembali posting pada hari ini. sahabat, jujur saya agak bingung ni mau kasih judul posting ini apa.. tp sudahlah, intinya ponsting kali ini akan membahas tentang tinjauan pusatka mengenai kata persepsi. baik pengertiannya, sampai pada faktor-faktor yang mempengaruhinya.. Langsung saja deh kita simak..!!!

Pengertian Persepsi

Kata persepsi berasal dari bahasa inggris “perception” yang berarti penglihatan atau tanggapan. Di dalam kamus besar bahasa Indonesia kata persepsi diberi pengertian sebagai (1) tanggapan (penerimaan langsung dari suatu serapan), (2) proses seseorang mengetahui beberapa hal dari panca indranya. Secara umum persepsi merupakan pengenalan, penilaian, dan tanggapan seseorang terhadap objek.

Menurut Slameto

Menurut Slameto (2003:102)Persepsi adalah proses menyangkut masuknya pesan atau informasi yang masuk ke dalam otak manusia. Melalui persepsi manusia terus menerus mengadakan hubungan dengan lingkungannya. Hubungan ini dilakukan lewat indranya, yaitu indra penglihatan, peraba, perasa, dan pencium.

Irwanto

Kemudian Irwanto (2001:71) menyatakan bahwa, Persepsi merupakan suatu proses pengorganisasian dan penginterpretasian yang terjadi di dalam diri individu yang dimulai dengan diterimanya rangsang, (objek, kualitas, hubungan antar gejala maupun peristiwa) sampai suatu rangsangan tersebut disadari atau dimengerti sehingga individu mempunyai pengertian tentang dirinya sendiri dan lingkungan-lingkungannya.

sedangkan pendapat lain menyebutkan bahwa Persepsi terjadi karena adanya stimulus atau rangsangan dari lingkungan sekitar, sehingga individu dapat memberikan makna atau menafsirkan sesuatu hal.

Berdasarkan pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi merupakan kemampuan seseorang untuk menilai, mengenal, dan mengamati suatu objek. Penilaian, pengenalan, dan pengamatan ini dapat dijadikan suatu pemahaman, pengetahuan, sikap, dan anggapan seseorang terhadap suatu objek.

Menurut Sondang

Menurut Sondang faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi seseorang, yaitu:

  1. Faktor pelaku persepsi, yaitu diri orang yang bersangkutan apabila seseorang melihat sesuatu dan berusaha memberikan interprestasi tentang apa yang dilihatnya itu. Ia dipengaruhi oleh karakteristik individual yang turut terpengaruh seperti sikap, motif kepentingan, minat, pengalaman dan harapan.
  2. Faktor sasaran persepsi, dapat berupa orang, benda atau persitiwa.
  3. Faktor situasi, merupakan keadaan seseorang ketika melihat sesuatu dan mempersepsikannya. (Setyawan, 2010:12)

Sumber : https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/09/sifat-wajib-dan-mustahil-bagi-nabi-dan-rasul-beserta-artinya.html