2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   Tujuan Debat
Tujuan Debat

Tujuan Debat

Tujuan Debat

Tujuan dari debat adalah

upaya kedua belah pihak yang mencoba membangun suatu kasus dengan didukung oleh argument-argumen yang mendukung kasus mereka dimana cara membuat satu argumen yang baik dan benar adalah suatu argumen selalu berdasarkan pada pertanyaan-pertanyaan dasar berupa; Apa (What),Mengapa (Why), Bagaimana (How), dan Kesimpulannya (So What is The conclusion).


Selain diperlukan kemampuan berbahasa yang baik dan benar juga dibutuhkan pula logika dan analogi pola pikir yang benar mengenai pengetahuan pengetahuan umum atau kasus-kasus yang sedang terjadi di dalam masyarakat. Selain hal-hal tersebut juga diperlukan kemampuan merespon suatu masalah (rebuttal) dikarenakan di dalam proses debat terjadi suatu proses saling mempertahankan pendapat antara kedua belah pihak.


Selain itu di dalam debat sendiri ada suatu pantangan atau batasan pembahasan masalah yang akan dibahas yaitu dilarang mennyangkut pautkan suku, agama, ras, dan adat, dsebabkan di dalam debat sendiri kita masih menggunakan etika sebagai seorang manusia untuk berpendapat.


Baca Juga: