2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /    Uang

 Uang

Dari zaman ke zaman uang terus berkembang diseluruh negara di belahan dunia, dikarenakan uang adalah alat transaksi dan alat tukar suatu produk barang atau jasa.Namun dalam pembahasan ini adalah masalah uang dalam ekonomi makro.

      Fungsi uang, yaitu antara lain : Uang sebagai satuan nilai, yang maksudnya sebagai satuan moneter yang berfung si sebagai nilai suatu barang atau jasa. Uang sebagai alat tukaar, uang sebagai alat yang mempermudah masyarakat dalam urusan pertukaran. Uang sebagai gudang nilai, yang maksudnya adalah uang sebagai alat tukar baik sepanjang waktu maupun sewaktu-waktu

Dalam  motif seseorang memegang uang keynes mencetuskan dalam teori preferensi likuidasi menjelaskan bahwa ada 3 motif masyarakat dalam memegang uang, yaitu :

  1. Motif transaksi, Keynes menekankan komponen permintaan uang di tentukan oleh tingkat transaksi setiap orang. Oleh karena itu semakin tinggi pendapatan seseorang maka semakin tinggi pula permintaan barang atau jasa seseorang tersebut.  Permintaan tersebut di pengaruhi oleh tinggi rendahnya pendapatan nasional.
  2. Motif berjaga-jaga, uang di gunakan sebagai alat untuk menghadapi ketidakpastian akan kebutuhan di masa mendatang. Keynes percaya bahwa jumlah uang yang digunakan berjaga-jaga tergantung pada ekspektasi transaksi di masa mendatang.
  3. Motif spekulatif, Keynes juga sependapat bahwa uang merupakan alat ukur kekayaan .sehingga

sumber :

https://radiomarconi.com/